Pemkab Gandeng Pesantren Sebarkan Informasi Positif

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik (Diskominfo) menggandeng para intelektual muda di kalangan pesantren, untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Salah satu Pondok Pesantren (Ponpes) yang diajak ‘melek’ dan memanfaatkan teknologi oleh Diskominfo Kabupaten Probolinggo adalah Ponpes Nurul Jadid di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, melalui program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 2018.

“Pemberdayaan KIM ini untuk mengarahkan masyarakat memberikan informasi yang positif dan mencegah hoaks,” kata Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Ofie Agustin, seusai menjadi pemateri IKM di Aula Universitas Nurul Jadid, Jum’at (19/10/2018).

Dalam IKM bertema ‘Ketahanan Informasi di Era Digital’ itu, imbuh Ofie, terdapat 50 orang peserta dari kalangan santri dan mahasiswa Universitas Nurul Jadid Paiton. “Jadi 50 orang inilah yang nantinya akan memberikan informasi yang tepat untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Pembina Sekolah Jurnalistik Universitas Nurul Jadid (Unuja) Paiton Moh. Iqbal menuturkan bahwa era milenial seperti sekarang, fungsi kecanggihan digital seharusnya memberikan dampak yang positif bagi masyakarat.

“Sebuah informasi pada era digital sudah seharusnya memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. Bagaimana mendapatkan edukasi dari perangkat teknologi yang saat ini digunakan oleh masyarakat umum sebagai kebutuhan pokok setiap manusi,” ucap Iqbal.

Iqbal, yang juga jurnalis media onlien berharap, peserta IKM rajin menulis berita yang positif sehingga nantinya bisa mejadi mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, dalam menyampaikan informasi positif. “Sehingga sinergi yang telah terbangun, dapat memberikan manfaat,” pungkas dia. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Mohammad Efendi

Baca Juga  Dinkes Waspadai Lonjakan DBD di Awal Tahun

Baca Juga

Gabung di Kloter 43, CJH Kota Probolinggo Akan Berangkat 21 Mei 

Probolinggo,- Sebanyak 195 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Probolinggo masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) …