Gubernur Jatim, Bupati Probolinggo dan Direktur Teknik Tol Trans Jawa Paspro foto di depan Gerbang Tol Gending.

Jelang Mudik Lebaran, Gubernur Tinjau Tol Paspro Seksi 4A

Probolinggo – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin siang (10/04/23) meninjau kesiapan jalan Tol Paspro Seksi 4A yang saat ini dalam pengerjaan. Jalan Tol Paspro Seksi 4A ini dipastikan dapat digunakan secara gratis bagi pemudik.

Peninjauan Jalan Tol Paspro Seksi 4A ini dilakukan gubernur, Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, serta Direktur Teknik Tol Trans Jawa Paspro. Peninjauan diawali dari Gerbang Tol Probolinggo Timur, hingga Gerbang Tol Gending.

Gubernur mengatakan, pada mudik lebaran tahun ini, diprediksi ada peningkatan arus mudik ke Jawa Timur dari 18,1 juta pemudik naik menjadi 21,3 juta pemudik. Maka dari itu pihaknya terus melakukan upaya agar dapat mengurai kemacetan saat arus mudik.

“Upaya penguraian arus mudik pada tahun ini yakni dengan cara membuka Tol Paspro Seksi 4A ini, yang dimulai dari Gerbang Tol Pasuruan hingga Gerbang Tol Gending, yang mana akan mulai di buka pada 16 April hingga 30 April 2023,” ujarnya.

Nantinya, pemudik yang melintasi Gerbang Tol Probolinggo Timur hingga Gerbang Tol Gending atau sebaliknya dengan panjang 8,57 km ini tidak dikenakan tarif, namun tetap harus menempelkan kartu e-tol di gerbang tol.

Terkait arus mudik tahun ini, mantan Menteri Sosial ini besok akan menggelar rapat koordinasi dengan pangdam, kapolda, kapolres, serta bupati dan walikota se-Jawa Timur untuk menyiapkan secara koperhensif baik transportasi umum hingga infrastruktur.

“Kita berharap dengan memaksimalisasi layanan ini juga di barengi dengan para pemurik yang menggunakan kendaraan untuk tertib berlali lintas,” imbuhnya.

Sementara, Direktur Teknik Tol Trans Jawa Paspro, Heri Supriadi mengatakan, pihaknya sampai saat ini terus bekerja keras untuk menyiapkan Tol Paspro Seksi 4A dengan pengaspalan di beberapa titik agar pada tanggal 16 April dapat digunakan.

Baca Juga  Tol Paspro Masih Gratis, Ini Penyebabnya

“Untuk di luar rest area per tanggal 15 April 2023 sudah siap, sementara PJU saat ini sudah siap, namun, yang saat ini diusahakan yakni rambu dan marka jalan untuk dilengkapi,” ujarnya.

Selain dari infrastruktur, pengelola Tol Trans Jawa Paspro akan menyiapkan ambulans, hingga mobil derek, serta petugas yang siaga 24 jam yang terbagi menjadi tiga shift.

“Selain itu juga dipastikan bahwa gerbang tol sudah berfungsi dan pemudik wajib menempelkan kartu tol dengan tarif Rp 0 serta nantinya akan ada fasilitas tambahan agar para pemudik ini aman dan nyaman,” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Top! Pemkab Lumajang Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Dadan Pemeriksaan …