KPU Optimis HATI Hadiri Debat Kandidat Sesi II di Surabaya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pernyataan sikap tim pemenangan pasangan calon (Paslon) P. Tantriana Sari – HA. Timbul Prihanjoko (HATI) untuk tidak hadir dalam debat kandidat sesi II Pilkada Kabupaten Probolinggo, ditanggapi santai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

KPU menilai, pernyataan tim pemenangan paslon nomor urut 1 itu hanya gertak belaka. Buktinya, surat mangkir debat paslon HATI belum mereka terima. Padahal debat yang bakal dilangsungkan di Surabaya itu rencananya  akan digelar Jum’at (22/6/2018) malam.

“Belum ada surat masuk ke KPU soal ketidakhadiran paslon dalam debat kandidat sesi kedua di Surabaya. Saya optimis semua paslon bakal hadir dalam debat publik itu,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, M Zubaidi via sambungan seluler, Kamis (21/6/2018).

Keyakinan KPU, menurut Zubaidi, juga berkaca pada sikap palson HATI dalam debat kandidat sesi pertama, 16 April lalu. Kala itu, paslon petahana juga menyatakan mangkir dalam adu gagasan antar paslon.

“Dalam debat kandidat pertama, sebelumnya mereka juga bilang tidak akan hadir, faktanya ternyata mereka hadir,” Zubaidi menambahkan.

Jika paslon HATI nantinya tetap menolak hadir, KPU jelas Zubaidi, tetap akan menggelar debat kandidat di Surabaya karena penentuan tempat debat publik sudah final. “Penentuan tempat berdasarkan keputusan pleno Kamis kemarin, juga atas rekomendasi Polres Probolinggo,” papar dia.

Diberitakan sebelumnya, tim paslon HATI menegaskan tidak akan hadir dalam debat publik sesi II Pilkada Kabupaten Probolinggo 2018. Alasannya, tim HATI menilai lokasi debat yang digelar di Surabaya tidak memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo serta pemborosan anggaran. (*)

 

Penulis : Mohammad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Rawan Roboh, Pohon Sepanjang Jalur Pantura Dipangkas

Baca Juga

Tak Lagi Berjam-jam, Bayar Pajak di Samsat Bangil Kini Hanya 10 Menit

Pasuruan,- Kantor Samsat Bangil, Kabupaten Pasuruan menghadirkan inovasi baru bernama Smart Thru untuk mempermudah dan …