Ini Pemenang Pilwali Kota Probolinggo, Andai Pemilihan Berlangsung Hari Ini

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Lembaga Survey independent, Social and Education Center (SEC) kembali merilis hasil survey pasangan calon (Paslon) Walikota – Wakil Walikota Probolinggo dalam pilkada serentak 2018. Hasilnya, elektabilitas duet Habib Hadi Zainal Abidin – M Soufis Subri, unggul diatas tiga paslon lainnya.

Ketua Tim Survei SEC, Ilyas Rollis mengatakan, survey dilakukan selama periode April dan Juni 2018. Dalam survei yang mengakomodasi berbagai bidang pekerjaan responden ini, margin eror sebesar 4,89 dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Responden berasal dari nelayan, petani, buruh, PNS, hingga mahasiswa dan pelajar. Survei dilakukan dengan pertanyaan yang mengarah pada kecenderungan responden dalam menentukan pilihan, siapa yang akan mereka pilih andai pilkada berlangsung saat survei berlangsung,” papar Ilyas Rollis, Rabu (20/6/2018) sore.

Dari survey itu diketahui bahwa satu persen responden memilih paslon Suwito – Ferry Rahyuwono (Wify), 24,30 persen memilih Fernanda Zulkarnaen – Zulfikar Imawan (Sang Tretan), 3 persen memilih Syamsu Alam – Kulup Widyono (Alam-ku) dan 29,90 persen memilih Hadi Zainal Abidin – M Soufis Subri (Handal Brillian).

“Sisanya, sebanyak 26, 10 persen menjawab ragu-ragu dan 14,7 persen tidak menjawab. Angka ini merupakan hasil survei pada periode bulan April 2018,” imbuh Rollis, yang juga dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya inim

Sementara dalam survei periode Juni 2018, diperoleh prosentase dimana 1,86 persen responden memilih Suwito – Ferry Rahyuwono, 29,53 persen memilih Fernanda Zulkarnain – Zulfikar Imawan, 6,05 persen memilih Syamsu Alam – Kulup Widyono, dan 43,26 persen memilih Hadi Zainal Abidin – M Soufis Subri.

“Data survei elektabilitas untuk Calon Wali Kota Probolinggo ini, kami dapatkan dengan wawancara langsung, melalui instrumen kuisioner. Namum demikian, masih ada pemilih yang belum menyatakan pilihan saat kami survei,” kata Rollis menegaskan.

Baca Juga  Maju Pilwali, Habib Hadi Resmi Mundur Sebagai DPR-RI

Survei ini diumumkan tepat 7 hari sebelum masa pemilihan berlangsung pada 27 Juni nanti. Tiga bulan sebelumnya, dengan metode yang sama SEC juga merilis hasil survei Pilwali Kota Probolinggo, dimana Handal Brillian unggul soal elektabilitas dan popularitas dibandingkan tiga paslon lainnya. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …