HATI Tegaskan Absen Debat Publik Sesi II di Surabaya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Debat publik sesi kedua Pilbup Kabupaten Probolinggo 2018 dipastikan tidak akan dihadiri oleh salah satu pasangan calon (Paslon) yakni P. Tantriana Sari – HA Timbul Prihanjoko (HATI). Kepastian ini disampaikan Tim Pemenangan HATI, bahwa paslon nomor urut 1 itu tak akan hadir dalam debat kandidat yang rencananya digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Probolinggo, Jumat (22/6/2018) mendatang.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Hasan Aminuddin selaku Ketua tim penasihat paslon HATI. keputusan absen debat itu merupakan hasil kesepakatan antara paslon, tim pemenangan dan partai koalisi. Alasan HATI tak berkenan hadir, karena debat publik digelar di Surabaya.

“Ini kesepakatan tim HATI bahwa kami tidak akan hadir dalam debat publik sesi kedua. Sebab debat berlangsung di wilayah teritorial yang bukan wilayah Kabupaten Probolinggo,” kata Hasan Aminuddin saat menggelar press rilis di Gedung Hasan Aminuddin Centre (HAC) Dringu,  Rabu (20/6/2018).

Mantan Bupati Probolinggo dua periode ini menilai, debat di Surabaya tak bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo. Gelaran debat, tambahnya, akan sia sia karena tak semua warga Kabupaten Probolinggo melihat adu gagasan dua paslon pemimpin mereka.

“Ya sia-aia debatnya, tak bisa dinikmati rakyat padahal acara itu menggunakan uang rakyat. Selain itu, jika tetap digelar di Surabaya tentu tak akan memberikan pendidikan politik bagi warga masyarakat Kabupaten Probolinggo,” tukas politisi Partai Nasdem ini.

Senada dengan Hasan, FKUB dan PCNU Kabupaten Probolinggo mengamini penolakan debat yang disampaikan tim HATI. Kedua organisasi keagamaan itu menganggap bahwa debat sesi kedua di Surabaya tidak ada unsur kemaslahatan bagi umat. Selain itu, baik FKUB maupun PCNU mempertanyakan status zona merah yang disematkan untuk Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga  7 ABK KM Multi Prima 1 Tenggelam di Bali Tiba di Probolinggo 

“Lintas agama mempertanyakan soal zona merah Kabupaten Probolinggo. Padahal itu aman, bila debat kedua kalinya dilaksanakan di Kota Kraksaan, tentu masyarakat akan berbondong-bondong menyaksikan debat publik tersebut tanpa harus jauh jauh ke Surabaya ,” tutup Idrus.

Sebagaimana diketahui, Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Probolinggo diikuti dua paslon Bupati dan Wakil Bupati. Selain paslon petahana P Tantriana Sari – HA Timbul Prihanjoko (HATI) juga terdapat paslon nomor urut dua, yakni Abdul Malik Haramain – Muzayyan Badri (MMC). (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …