Di Hadapan Ribuan Jamaah Haul, Hasan Sampaikan Fatwa Dari Kiai Mutawakkil

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Ribuan jamaah memadati kegiatan haul almarhumah al arifah billah Nyai Hj. Himami Hafshawaty, yang gelar Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Jum’at (25/5/2018) malam. Para jamaah berasal dari masyarakat sekitar pesantren, alumni, wali santri dan simpatisan dari berbagai daerah.

Selain jajaran pengasuh dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah kiai pengasuh pesantren terlihat di lokasi, seperti KH Zuhri Zaini, Pengasuh Ponpes Nurul Jadid, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton; KH Munir Cholili, Pengasuh Ponpes Rofiatul Islam, Desa Sentong, Kecamatan Krejengan; dan H. Hasan Aminuddin, Pengasuh Pondok HATI Toroyan, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan.

Haul merupakan acara puncak setelah sebelumnya diawali Lailatul Qoriah, dengan lantunan qori-qoriah ternama, yang didatangkan dari sejumlah daerah di tanah air. Suasana khidmat terasa saat lantunan sholawat menggema ke seantero pesantren, dengan iringan Hadrah Al-Hasanain.

Ribuaan jamaah padati haul Al marhumah Nyai Hj. Himami Hafshawaty di Pesantren Zainul Hasan Genggong. (mr)

“Haul ini istimewa, karena digelar tepat di bulan ramadhan. Jadi keistimewaan haul dan keistimewaan al-qur’an melalui Lailatul Qoriah, menyatu dalam satu kesempatan,” kata Hasan Aminuddin saat memberikan tausiyah di hadapan jamaah.

Dalam kesempatan itu, Hasan juga menyampaikan fatwa yang diamanahkan oleh Pengasuh Pesantren Zainul Hasan, KH Muhammad Hasan Mutawakkil Alallah. Fatwa itu, terkait arahan Kiai Mutawakkil kepada jamaah dalam kontestasi Pilgub dan Pilbup yang dihelat serentak pada 27 Juni 2018.

“Ada fatwa dari Almukarrom KH Muhammad Hasan Mutawakkil Alallah, pilihlah pemimpin, kata beliau, yang akan mampu membawa Jawa Timur dan Kabupaten Probolinggo ini menjadi Kabupaten Probolinggo dan Jawa Timur yang ‘Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur’. Fatwanya sederhana, sedulur sehati,” pungkas Hasan. (*)

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Dapat Tanah Hibah Pemkab, Kankemenag Probolinggo Miliki Gedung Baru

Baca Juga

Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Probolinggo,- Pesantren Zainul Hasan (PZH) Gengggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menggelar haul KH. Muhammad Hasan Genggong …