Ilustrasi pernikahan.

Gara-gara Marak Nikah Siri, Isbat Nikah di Kabupaten Probolinggo Melonjak

Probolinggo,- Isbat nikah marak terjadi di Kabupaten Probolinggo. Isbat nikah adalah pengesahan atas perkawinan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam, akan tetapi tidak dicatat oleh Kantor Urusan Agama (KUA) atau Pegawai Pencatat Nikah yang berwenang.

Pengadilan Agama (PA) Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mencatat, sepanjang tahun ini berjalan, setidaknya sudah ada 75 permohonan isbat nikah yang telah diputus.

Dengan demikian, maka pernikahan yang telah dilangsungkan sebelumnya oleh pemohon, kini memiliki kekuatan hukum.

“Permohonan Isbat nikah biasanya diajukan oleh pasangan suami istri yang sebelumnya melakukan pernikahan siri. Karena siri, jadinya tidak tercatat di KUA,” kata Panitera Muda Hukum PA Kraksaan, Faruq, Senin (20/11/23).

Ia melanjutkan, untuk mendapatkan isbat nikah, antara suami dan istri harus sama-sama mengajukan permohonan. Sementara bagi pasangan yang salah satunya telah meninggal dunia, maka pihak yang masih hidup yang harus mengajukan permohonan.

“Semisal nikah siri, pernikahannya tidak tercatat di KUA, dan tidak mengajukan isbat nikah. Ini akan ada dampak ke depannya,” ujar dia.

Faruq menjelaskan, perkawinan yang tidak tercatat di KUA dan tidak mengajukan permohonan isbat nikah, dapat berdampak ke masa depan anak-anaknya terkait ahli waris.

Seorang anak yang lahir dari pasangan suami istri tanpa adanya catatan pernikahan, maka dalam perspektif hukum negara, tidak memiliki hak untuk menuntut warisan dari orang tuanya.

“Tanpa adanya pencatatan di KUA atau dengan isbat nikah, akan berdampak pada hak-hak yang ditimbulkan setelah adanya pernikahan. Karenanya banyak yang membuat permohonan Isbat nikah,” ucapnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Pola Hidup Sehat Ala Genggong, Buat Handsanitizer dan Rajin Olahraga

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …