Doakan Korban Kerusuhan Rutan Brimob, Warga Probolinggo Sholat Gaib

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kerusuhan yang terjadi di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok Jawa Barat, mengundang keprihatinan berbagai pihak, tak terkecuali warga, santri dan pengasuh pesantren di Kabupaten Probolinggo. Sebab, insiden itu menyebabkan lima anggota Polri gugur akibat dianiaya warga binaan.

Pengasuh Pondok Pesantren HATI, Hasan Aminuddin mengutuk kejadian itu. Tak hanya mengecam, anggota DPRI RI komisi VIII itu bersama santri dan warga sekitar menggelar tahlil dan sholat ghaib bagi para korban, yang dilaksanakan di Masjid Bin Aminuddin, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Jum’at (11/5/2018) siang.

“Siapapun manusia yang hari ini merasakan bahwa itu adalah perbuatan biadab, tentunya akan menangis, jika ditimpal balikkan kepada keluarga kita sendiri yang didholimi oleh orang lain. Oleh karenanya kita mendoakan, melakukan sholat gaib kepada para korban,” kata Hasan sambil terisak.

Sholat gaib, jelas Hasan, merupakan bentuk bela sungkawa atas nasih kelima anggota polisi, yang wafat saat menunaikan tugas dinas. “Sholat janazah ini sebagai ganti, karena saya yang hanya orang kampung tidak bisa memberikan karangan bunga ataupun yang lainnya,’’ papar Ketua DPW Partai Nasdem DKI jakarta ini.

Sementara, Kapolsek Kraksaan AKP Joko Wiyono menghimbau agar warga tetap tenang menyikapi kejadian itu. Kinerja polri, menurut Kapolsek, tidak akan terpengaruh dan akan tetap profesional. “Masyarakat jangan takut karena kita selalu bersama masyarakat untuk memerangi terorisme, dan kita akan rangkul semuanya untuk menjaga wilayah ini agar tetap aman terkendali,”.

Sebagaimana diketahui, kerusuhan antar penghuni napi teroris dengan polisi terjadi di Rutan Mako Brimob, Selasa (8/5). Kejadian itu mengakibatkan 5 polisi gugur, yaitu Briptu Fandy Nugroho, Iptu Yudi Rospuji, Aipda Denny Setiadi, Briptu Syukron Fadhli, dan Briptu Wahyu Catur Pamungkas. (*)

Baca Juga  Semipro Berlanjut, Undang Nissa Sabyan

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Empat Korban Laka KA Rejoso Dikebumikan, Warga Merasa Kehilangan

Pasuruan,- Kecelakaan maut merenggut nyawa 4 orang di perlintasan kereta api Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, …