Pemkab Probolinggo Raih WTP Kelima Berturut-turut

SIDOARJO-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Prestasi ini merupakan raihan kelima secara berturut-turut, dimana Pemkab Probolinggo meraih opini WTP sejak LKPD tahun 2013.

Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo H. Musayyib Nahrawi menerima langsung dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 dari (Plt) Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Ayub Amali, Jum’at (25/5/2018) di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo.

Penjabat Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo mengaku bersyukur Kabupaten Probolinggo dapat mempertahan prestasinya. Hal ini, kata dia, tak lepas dari kerja keras dan soliditas Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah berpenduduk 1,2 juta ini selama lima tahun terakhir.

“Alhamdulillah, inilah soliditas yang membuahkan kinerja terbaik. Semua pihak bekerja keras untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah, mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pemeriksaan sehingga meraih WTP dari BPK yang kelima kalinya,” kata Tjahjo didampingi Sekda Soerparwiyono.

Anggota V BPK RI Isma Yatun memberikan apresiasi kepada 18 Kota/Kabupaten yang mampu mempertahankan WTP sedikitnya lima kali berturut-turut, termasuk Kabupaten Probolinggo. “Harapan kami, hasil pemeriksaan BPK ini dapat memberikan manfaat bagi upaya peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah,” bebernya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD H. Musayyib Nahrawi menyambut baik WTP berturut-turut yang diraih selama masa pemerintahan Puput Tantriana Sari – Timbul Prihanjoko tersebut. Prestasi ini, menurutnya, menggambarkan kinerja legislatif dan eksekutif telah amanah dan profesional, berlangsung sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Ini bukti bahwa kami, khususnya legislatif mampu mewujudkan roda pemerintahan yang positif dan amanah. Meraih WTP lima tahun berturut-turut itu tidak gampang, butuh konsistensi dan kerja keras. Ini juga jadi bukti bahwa pemerintahan kemarin, layak diberi kesempatan memimpin kembali Kabupaten Probolinggo,” papar politisi asal Kecamatan Paiton ini. (*)

Baca Juga  Jaga Pilpres Damai, Ini Resep FKUB Kota Probolinggo

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …