Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad usai serahkan bantuan kursi roda kepada Andi Husa.

Andi Husa, Remaja Penderita ‘Celebral Palsy’ Yang Kini Sumringah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Malang nian nasib Andi Husa (20), warga Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Pemuda yang bermukim di RT 4 RW 1 itu, menderita kelainan fisik sejak masih bayi. Ia didiagnosa menderita Celebral Palsy yaitu sebuah penyakit yang menyerang syaraf motorik.

Akibat penyakit ini, anak tunggal dari pasangan Abu (almarhum) dan Titik Sutami (41) mengalami kelainan pembentukan saraf kepala, leher dan tangan (quadriplegia), serta kelumpuhan pada kedua kaki sehingga tidak dapat berjalan.

Selama ini, baik Supra (75), nenek Andi dan ibunya sudah berusaha memberikan pengobatan, baik melalui pengobatan medis hingga secara alternatif. Namun, kondisi ekonomi yang pas-pasan membuat pengobatan tak berjalan maksimal.

“Anak saya ini sudah sejak masih bayi sudah menderita kelainan syarat. Pertumbuhannya tidak sempurna. Dan sejak usia tiga tahun ditinggal ayahnya yang meninggal dunia,” cerita ujar Titik yang sehari-sehari bekerja sebagai penjual nasi bungsu di SDN Lumbang 2.

Selama mengidap penyakit itu, kata Titik, sibuknya dunia tak dapat dinikmati anaknya karena ia banyak berdiam diri di rumah, Bahkan untuk berjalan saja Andi harus ngesot. “Selama ini dia ngesot untuk beraktivitas, kasihan sekali mas,” paparnya.

Namun kini, derita Andi sedikit terkikis karena pemuda ringkih ini mendapat bantuan kursi roda dari Polres Probolinggo. Alat bantu organ tubuh ini merupakan sedekah anggota Polres Probolinggo yang dikumpulkan tiap Jumat melalui program Gema Sajadah (Gerakan Gemar Salat dan Sedekah).

“Selain tebar nasi bungkus, hasil sedekah itu kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, ini salah satu upaya kami untuk memperkuat hubungan sosial anggota dengan masyarakat,” tutur Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad, seusai menyerahkan bantuan kepada Andi Husa, Selasa (5/11/2017).

Baca Juga  Tempat Karantina Tanpa Kasur, Warga Protes

Usai menerima bantuan kursi roda, senyum bahagia tersungging dari bibir Andi, meski senyumannya jauh dari sempurna. “Teima kaaih oak pol es.. aya sen nang dibei kusi oda (terima kasih pak Kapolres, saya senang diberi kursi roda,” ucapnya sumringah. (em/arf).

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …