Seorang wisatawan bermain dengan ikan nemo di wisata snorkling Pulau Gili sebelum objek wisata itu ditutup.

Terkait Snorkling Pulau Gili, Disporaparbud : Silahkan Urus Ijin

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pasca insiden tewasnya wisatawan di objek wisata snorkling Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud), mendorong agar wisata bahari tersebut mengurus ijin operasional.

Pasalnya, meski terus mengeliat sejak 2016 lalu, namun belasan operator snorkling di Pulau Gili tak memiliki ijin. Bahkan dari 12 operator, baru satu yang mengajukan izin ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Probolinggo.

“Karenanya, kami mendorong mereka untuk segera mengurus izin operasional. Selain ada kepastian hukum, pengawasan terhadap kegiatan wisata juga dapat diawasi dan dievaluasi oleh pemerintah,” tutur Kepala Disporparbud, Sidik Widjanarko saat dikonfirmasi PANTURA7.com, Rabu (23/8/2017).

Rencananya hari ini, Disporaparbud akan datang ke Pulau Gili bersama tim gabungan yang terdiri dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), serta Muspika Sumberasih.

Kunjungan ini, Selain sebagai evaluasi pasca tewasnya wisatawan asal Sidoarjo, Minggu (20/8/2017) lalu, juga untuk meminta semua operator mengurus izin. “Selama ini kami kesulitan mengundang mereka (para operator, Red) untuk datang. Makanya kita jemput bola, mudah-mudahan hasilnya positif,” tandas mantan Kadisperindag ini.

Hingga hari ini, objek wisata snorkling masih ditutup oleh pemerintah desa setempat. Operasional wisata air di perairan selat madura itu, akan dibuka kembali jika para operator sudah mengantongi izin. (em/ela).

Baca Juga  Kembali Dibuka, Ratusan Wisatawan Serbu Gili Ketapang

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …