Petani garam melakukan rapat koordinasi dengan Polres Probolinggo terkait ijin usaha dan kelangkaan garam, Rabu (2/8/2017)

Sulit Urus Ijin Usaha, Petani Garam Probolinggo Curhat Ke Polisi

 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Puluhan petani garam di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, mendatangi Polres Probolinggo, Rabu (2/8/2017) siang. Mereka berkeluh kesah perihal perijinan usaha garam, yang dapat menyeret mereka ke penjara.

 

Buhar, Ketua Himpunan Masyarakat Petani Garam  (HMPG) Kabupaten Probolinggo, mengaku petani saat ini ketakutan memproduksi garam yodium. Hal ini dipicu penggerebekan gudang produksi garam ilegal milik Mohamad Hanafi, warga Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan, oleh Satgas Pangan Polres Probolinggo, Kamis (18/5/2017) lalu.

 

“Pasca penggerebekan usaha garam yang tidak memiliki SNI dan BPOM, membuat kita berhenti produksi. Karenanya, kami berharap kepolisian dapat memberikan solusi tentang perijinan kami yang belum lengkap itu,” kata Buhar, usai mengikuti rapat koordiasi terkait kelangkaan garam dengan Polres Probolinggo.

 

Buhar menambahkan, ia dan rekan-rekannya sejatinnya sudah berusaha melakukan pengurusan ijin usaha pengolahan garam beryodium. Namun, mereka terhambat sulitnya mengurus ijin BPOM dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

 

“Selain lama juga mahal, biaya pembuatannya mencapai sekitar Rp. 50 juta lebih. Sehingga kami yang bermain di industri kecil tidak mampu jika tak diberi kemudahan dan dukungan pemerintah daerah,” keluh petani garam asal Gending ini.

 

Sementara Kapolres Probolinggo, AKBP. Arman Asmara Syarifuddin, mengaku akan menindak lanjuti keluhan petani dengan melakukan rapat koordinasi dengan instansi yang berwenang dalam industri garam. Selain itu, pihaknya akan menyelidiki faktor kelangkaan garam.

 

“Ya tentu kami akan tindaklanjuti ini, kami juga berharap dinas terkait membantu mereka dalam pengurusan ijinnya. Minimal, ada ijin dari pemerintah daerah agar indutri garam petani legal, sehingga aman dari bidikan Satgas Pangan,” ujar perwira asal Sulawesi Selatan ini. (em/ela).

Baca Juga  Peduli Korban Semeru, Ponpes RU Cabang Malang Serahkan Bantuan

 

Baca Juga

Nyaru jadi Jaksa, Guru Honorer Diringkus Polisi

Pasuruan,- Kejahatan berkedok profesi kembali terjadi. Kali ini, seorang oknum guru honorer di Surabaya berpura-pura …