Gerbang Tol Gempol-Bangil Pasuruan sepi pengguna meski tarif digratiskan, Kamis (3/8//2017)

Digratiskan, Jalur Tol Gempol – Bangil Justru Sepi Peminat

PASURUAN-PANTURA7.com, Jalan Tol Gempol-Bangil di Kabupaten Pasuruan, akhirya memasuki masa uji coba (3/8/2017) setelah menerima sertifikat laik operasi dari Badan Pangatur Jalur Tol (BPJT). Imbasnya, tarif tol pun digratiskan mulai Pukul 00.00 hingga pengelola mendapat Surat Keputusan tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 

Jalur Tol Gempol-Bangil Seksi 1, melengkapi pengoperasian Seksi 2 Bangil-Rembang yang sudah beroperai sejak 31 Maret 2017 lalu. Sementara Seksi 3 Tol Pasuruan-Grati hingga saat masih dalam proses rekontruksi.

 

Rudi Hardiansyah, Manager Proyek Tol Gempol-Bangil mengatakan, layanan gratis jalur tol sepanjang 7,8 kilo meter ini, berlaku hanya di Gerbang Tol (GT) Gempol Junction hingga GT Bangil, dan tidak berlaku bagi GT lainnya.

 

“Jadi, pengguna tol yang masuk melalui GT Japanan, Jalur Tol Surabaya-Gempol dan GT Pandaan-Gempol tetap bayar sesuai tarif. Ini berlaku sampai ada tariff resmi dari Kementerian PUPR” ujar Rudi saat dikonfirmasi PANTURA7.com, Kamis (38/2017).

 

Hanya saja, sempitnya waktu antara penyelesain kontruksi, uji fungsi operasi dan masa uji coba membuat pihaknya tidak bisa maksimal melakukan sosialisasi Tol gratis. “Kontruksi selesai kan 15 Juni, langsung uji fungsi 17 Juli. Waktu kita ga banyak” tambahnya.

 

Benar saja, minimnya sosialisasi membuat hari pertama masa uji coba sepi pminat. Dalam kurun waktu 2×30 menit, tidak sampai 30 kendaraan melintas. Pengelola hanya memasang banner pemberitahuan tarif gratis disamping jalur.

 

“Saya gak tau tuh kalau lewat tol ini gratis, padahal setiap hari ya lewat sini. Tadi pas masuk di Gempol juga gak ada petugas yang ngasih tahu” ujar Budi Sasongko, salah satu pengguna tol asal Porong Sidoarjo.

Baca Juga  4 Warga Tersengat Listrik, Polisi Telusuri Pemasangan Sambungan

 

Tol Gempol-Bangil dibangun untuk mengatasi kemacetan di jalur pantura, selain memangkas jarak tempuh lenih pendek. Dalam keadaan normal, Tol dengan masa konsesi 45 tahun ini dilalui sekitar 400 kendaraan per hari. (em/ela).

 

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …