Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya usai meresmikan Baobabs Resort di TSI II Prigen Pasuruan, Kamis (3/8/2017)

Genjot Wisawatan, Menteri Pariwisata Kembangkan Desa Wisata

PASURUAN-PANTURA7.com, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya meresmikan Baobab Safari Resort di Kompleks Taman Safari Indonesia (II) Prigen, Kabupaten Pasuruan, Kamis (3/8/2017) siang. Baobabs Safari Resort dibangun di atas tanah seluas 1,2 hektar, dengan konsep African Style.

 

Hotel ini, dilengkapi dengan beberapa satwa seperti Zebra, Jerapah, Wildebest, Badak, Kuda Nil, dan masih banyak lagi. Pengunjung hotel bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ini. Bahkan, mereka bisa memberikan makan langsung ke satwa tanpa ada batasnya.

 

Arief Yahya mengungkapkan, Baobabs Resort akan menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia, khususnya Pasuruan. Pasalnya, selama ini Kabupaten Pasuruan hanya dikenal dengan wisata alam Gunung Bromo.

 

“Jadi Baobabs Resort bisa menjadi destinasi wisata unggulan. Faktor pendukung lain, Baobabs berada di wisata konservasi yang telah dikenal sebelumnya,” ujar Menteri asal Banyuwangi ini kepada PANTURA7.com.

 

Lebih jauh, Arif Yahya mengatakan bahwa saat ini Kementrian Pariwisata sedang gencar mengembangkan desa wisata. Di Indonesia, ada sekitar 75 ribu desa. Namun, hanya sekitar 2.000 desa yang bisa dijadikan sebagai desa wisata.

 

Dalam 2.000 desa wisata itu, pihaknya akan membangun home stay sekitar 100 ribu unit. Home stay ini diberikan secara cuma-cuma dari pemerintah pusat ke desa, sebagai pelengkap di desa wisata. “Jadi pengunjung tidak kebingungan mencari penginapan semisal berkunjung ke desa wisata. Kami sediakan semuanya,” tuturnya.

 

Konsep home stay, jelas Arief, bukan sekelas hotel bintang lima. Namun dibangun dengan kultur budaya yang ada di sebuah daerah. Jadi, desain dan bentuknya disesuaikan dengan kearifan lokal.

 

Sekedar diketahui, Pariwisata Indonesia di Tahun 2016 lalu berkontribusi dalam perkembangan perekonomian nasional. Rinciannya, kontribusi untuk produk domestik bruto (PDB) sebesar 11 persen, devisa sebesar Rp 172 triliun, serta menyerap 11,8 juta tenaga kerja. Untuk tahun 2017 ini, target kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 15 juta orang. (ata/ela.)

Baca Juga  Sumber Sentong Diplot Wisata dan Pelatihan Ski Air Pemula

 

Baca Juga

Tak Lagi Berjam-jam, Bayar Pajak di Samsat Bangil Kini Hanya 10 Menit

Pasuruan,- Kantor Samsat Bangil, Kabupaten Pasuruan menghadirkan inovasi baru bernama Smart Thru untuk mempermudah dan …