PELATIHAN: Pemkab Lumajang memberikan pelatihan gratis bagi para pencari kerja, salah satunya pelatihan di bidang jahit. (foto: Asmadi).

Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuka pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja. Pelatihan yang diberikan meliputi pelatihan otomotif, jahit, pengelolahan makanan, dan desain grafis.

Koordinator Kegiatan Pelatihan Kerja Disnaker Kabupaten Lumajang, Mey Hana Indiyaningsih menyebut, pelatihan terbuka bagi semua masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan atau memulai usaha sendiri.

Selain itu, program tersebut tanpa dipungut biaya sepeserpun. Ia pun mengajak semua masyarakat di kota pisang memanfaatkan program ini.

“Saat ini tahap pendaftaran sedang berlangsung hingga tanggal 15 Mei 2024. Saya ingin menegaskan bahwa program ini benar-benar gratis,” kata Mey, Kamis (9/5/24).

Menurut Mey, program tersebut memang sengaja dimunculkan untuk membantu masyarakat agar mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja atau untuk memulai usaha mandiri.

Adapun tujuan utama pelatihan kerja cuma-cuma ini, imbuh Mey, yaitu membangun ekonomi masyarakat Lumajang secara inklusif dan berkelanjutan.

“Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan angkatan kerja yang kompeten dan siap bersaing di pasar kerja, serta mendukung upaya pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan,” paparnya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta yang ingin mendaftar di pelatihan kerja gratis tersebut, yakni :

– Berusia antara 18 hingga 40 tahun.

– Belum pernah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja @Kabupaten Lumajang.

– Tidak sedang terikat hubungan kerja atau menempuh pendidikan formal.

– Warga Kabupaten Lumajang dengan bukti KTP atau Surat Keterangan Domisili.

– Memiliki ijazah minimal setara SMA atau surat keterangan lulus.

– Kondisi jasmani dan rohani yang sehat.

– Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui pengisian formulir Google Form yang tersedia di bit.ly/FormPendaftaranPelatihanTA2024.

Baca Juga  Jalan di Kareng Lor Tertimbun Tanah, Warga Mengeluh

Calon peserta yang lolos seleksi akan dihubungi oleh Tim Disnaker Kabupaten Lumajang untuk mengikuti tahapan selanjutnya dalam pelatihan. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …