Pemkab Siapkan Puluhan Ribu Vaksin Sinovac untuk Anak

PROBOLINGGO,- Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun sudah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Jumlah target sasaran mencapai 102.777 anak. Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini dilakukan setelah masuk Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, dr. Shodiq Tjahjono mengatakan, jika di akhir tahun 2021 kemarin, capaian vaksinasi umum sudah mencapai 70 persen, sedangkan vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) di angka 60 persen lebih.

“Sehingga tahun 2022 kami sudah bisa melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Pencanangan ini (vaksin anak) akan dilakukan pada minggu depan kalau memang tidak ada kendala dadakan atau sebagainya,” kata dr. Shodiq, Minggu (9/1/2022).

Namun, lanjut dr. Shodiq, untuk pelaksanaan di lapangan sudah mulai dilakukan. Oleh karenanya anak usia 6-11 tahun mulai TK besar hingga SD sudah bisa dilakukan vaksinasi sebanyak dua kali dan vaksinnya sudah didistribusikan kepada semua puskesmas di Kabupaten Probolinggo.

“Dengan jumlah sasaran total mencapai 102.777 anak, kami akan menggunakan vaksin jenis Sinovac dan untuk etersediaan vaksin saat ini mencapai 38 ribu tetapi nanti pemerintah akan memasok lagi karena biasanya setiap minggu vaksin datang,” ujar dr. Shodiq.

Untuk teknis pelaksanaannya, menurut dr. Shodiq sudah menyerahkan kepada para petugas yang ada di lapangan. Sebab, mereka lebih tahu kondisi di lapangan dengan menyiapkan kiat-kiat khusus agar sekiranya bisa menyuntik vaksin anak-anak.

“Kalau targetnya kita harapkan bisa mencapai 80 persen dari total sasaran. Syukur-syukur bisa melampaui target yang kamj inginkan oleh karena itu dukungan dari semua kalangan sangat sekali diperlukan untuk pencapaian herd immunity ini,” tutur mantan Kepala PMI ini. (*)

Baca Juga  Tersapu Puting Beliung, Puluhan Rumah di Besuk Porak-poranda

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …