NAIK: Pedagang sedang melayani pembeli cabai yang harganya meroket. (foto: Hafiz Rozani)

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar harganya juga naik. Meski harganya naik, stok cabai di pasaran mencukupi.

Pantauan PANTURA7.com di Pasar Baru, Kota Probolinggo, harga cabai rawit saat ini mencapai Rp 34-35 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya, Rp 20 ribu per kg. Sedangkan cabai besar naik menjadi Rp 50 ribu per kg dari sebelumnya, Rp 30 ribu per kg.

Seorang pedagang asal Kebonsari Wetan, Kholifah mengungkapkan, naiknya harga cabai rawit dan cabai besar ini terjadi satu hingga tiga hari lalu, di mana kenaikannya mencapai Rp 10 ribu.

“Jadi naiknya harga cabai ini dimulai seminggu setelah hari raya, dengan kenaikan harga secara bertahap hingga mencapai Rp 50 ribu per kilogram untuk cabai besar, dan Rp 35 ribu per kilogram untuk cabai rawit,” ujar Kholifah, Jumat (26/4/2024).

Selain itu ada tomat yang sebelumnya naik cukup drastis mencapai Rp 35 ribu per kg. Saat harga tomat sudah turun menjadi Rp 20 ribu per kg karena stok tomat di pasaran sudah mulai banyak.

“Namun berbeda dengan cabai rawit dan cabai besar, meski harganya naik, namun stok di pasaran mencukupi, bahkan juga mencukupi permintaan pembeli yang datang,” papar dia.

Pedagang lain, Ike Andriani menyebut, harga cabai besar di lapaknya mencapai Rp 40 ribu per kg, sementara cabai rawit Rp 35-40 ribu per kg.

“Meski harga cabai rawit dan cabai besar naik, namun stoknya mencukupi, tidak seperti kenaikan harga komoditas sebelumnya yang kenaikan harganya karena stok berkurang,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Sempat Meroket, Harga Tembakau Berangsur Turun

Baca Juga

Petani Gagal Panen, Permintaan Banyak, Harga Bawang Merah Naik

Probolinggo,- Cuaca hujan berakibat sebagian besar petani bawang merah di Probolinggo mengalami gagal panen. Di …