DIPERBAIKI: TPT Kali Kertosono di Kabupaten Probolinggo yang ambrol kini sedang dalam perbaikan. (foto: dok).

Pengerjaan Pembangunan TPT Kali Kertosono Ditargetkan Rampung Juni

Probolinggo,- Pengerjaan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) Kali Kertosono di Kelurahan Sidomukti, Kraksaan bakal dilanjutkan setelah sempat terhenti. Ditargetkan pengerjaan akan rampung dalam dua bulan ke depan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengerjaan Jalan dan Sumber Daya Air (PJSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Yahya mengatakan, pengerjaan sempat terhenti karena alat berat yang digunakan tidak bisa masuk ke lokasi perbaikan.

“Sebelumnya kami uruk, agar bisa dilalui oleh alat berat ekscavator. Namun ternyata amblas, jadi diurungkan,” kata Yahya, Rabu (17/4/2024).

Ia menjelaskan, rencananya pengerjaan akan dilanjut pada Sabtu (20/4/2024) ini. Dan pihaknya akan tetap mengupayakan penggunaan alat berat untuk bisa digunakan dalam pembangunan.

“Kami libur 10 hari, jadi insya Allah Sabtu dimulai lagi,” ujar dia.

Ia mengatakan, perbaikan TPT sungai ini akan dilakukan dengan membangun ulang seperti semula.

Terlebih, posisinya tepat berada di samping jalan raya yang cukup ramai pengendara melintas. Sehingga, dengan perbaikan permanen ini, keamanan warga dan pengendara bisa lebih terjaga.

“Pengerjaan ini kami ambil alih dari pihak provinsi. Karena jika menunggu provinsi, khawatirnya jalan Gus Dur yang tepat berada di samping sungai, bisa ikut rusak,” ujarnya.

Sebagai informasi, hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo dalam beberapa waktu terakhir, menyebabkan TPT Kali Kertosono sepanjang 27 meter, ambrol pada Rabu (20/3/2024) lalu.

Dinas Perhubungan (Dishub) setempat kemudian menutup akses jalan Gus Dur, Kecamatan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan yang tepat berada di samping sungai. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Pendaftaran Seleksi Calon Sekda Dimulai

Baca Juga

Cegah Korupsi Pejabat, Pemkab Lumajang Optimalkan Survei Penilaian Integritas

NoLumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, bakal mengoptimalkan Survei Penilaian Integritas (SPI) daerah sebagai salah satu …