PATROLI: Petugas gabungan di Kota Probolinggo saat melakukan di toko emas. (foto: Hafiz Rozani)

Rawan jadi Target Kejahatan, Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Probolinggo,- Meningkatnya mobilisasi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran, khususnya perhiasan, membuat Polres Probolinggo Kota melakukan patroli di sejumlah toko emas.

Patroli yang dimulai Rabu (3/4/24) ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan, saat terjadinya keramaian. Patroli dipimpin langsung Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani dan Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Budi Budiasto.

 

Sedikitnya, ada 5 toko emas yang didatangi petugas. Tak hanya berinteraksi dengan pembeli dan pemilik toko emas, petugas juga mengecek dan memastikan keamanan toko emas cukup memadai.

“Jadi patroli ini untuk memastikan sistem keamanan yang ada di toko emas salah satunya CCTV yang dimiliki. Namun dari pengecekan ini belum semua toko emas terpasang CCTV,” ujar Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani.

Kapolres menegaskan, keberadaan CCTV ini cukup penting sebagai alat bukti untuk mengecek kondisi toko, yang tentu akan sangat membantu jika ada kejadian di toko yang harus melalui proses penyelidikan.

Kapolres berharap, agar toko emas yang belum terpasang CCTV untuk segera memasang demi keamanan. Nantinya, petugas akan kembali mengecek toko tersebut apakah sudah terpasang atau tidak.

“Jika tetap tidak dipasang, maka akan kami undang untuk bersama-sama bekerja sama dalam kaitannya dengan keamanan toko,” imbuhnya.

Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Heri Budiasto menyebut, berdasarkan pengecekan memang ada beberapa toko emas yang tidak memasang CCTV. Padahal menurut Heri, keberadaan CCTV penting bagi keamanan toko itu sendiri.

“Jadi tadi toko emas yang tidak memasang CCTV telah kita imbau untuk memasang karena jika terjadi tindak kejahatan, dampaknya akan langsung dirasakan oleh pemilik toko,” ujar Heri. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Pengedar SS Asal Pajarakan Dibekuk di Kraksaan

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …