Nilai Bantuan Kambing ‘Disunnat’, Massa Demo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Massa gabungan dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melurug kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo, di jalan raya PB Sudirman Kota Kraksaan, Selasa (9/7).

Aksi ini dilakukan untuk memprotes dugaan ‘penyunatan’ bantuan kambing yang disalurkan di Desa Sumberanyar dan Sumberejo, Kecamatan Paiton. Bantuan ini diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo melalui kelompok Usaha Bersama (Kube).

Koordinator aksi, Nasution menjelaskan, semestinya kambing yang diberikan kepada warga penerima manfaat seharga Rp 2 juta per ekor. Namun nyatanya, kambing yang diterima warga ditaksir berharga dibawah Rp 1 juta per ekor.

“Ada pemotongan sekitar Rp 1 juta, karena yang kami lihat kambing yang diterima penerima hanya seharga Rp 600 per ekor. Padahal anggarannya per penerima Rp 2,5 juta, Rp 500 untuk pengadaan kandang,” kata Nasution.

Nasution menambahkan, dua desa yang ia sebut diatas hanya sampel kasus yang validitas datanya bisa dipertanggung jawabkan. Di dua desa itu, terdapat 15 Kube dengan masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang.

“Kami sudah melaporkan korupsi bantuan kambing ini kepada Polres Probolinggo. Kepada aparat penegak hukum, baik polisi dan kejaksaan agar menyeret oknum-oknum (yang terlibat korupsi, red) tersebut ke meja hijau,” pintanya.

Sebelum berdemo di kantor Kejari Probolinggo, massa yang mengendarai kendaraan bermotor dan kendaraan roda 4 ini melakukan aksi damai di depan Polres Probolinggo. Mereka juga membentangkan sejumlah spanduk kecaman.

Sementara, Kasi Pidsus Kejari Probolinggo Novan Ariyanto menuturkan, sejauh ini pihaknya belum menerima limpahan berkas dari kepolisian terkait hasil pemeriksaan kasus tersebut. Jika sudah mendapat limpahan berkas, Novan berjanji akan segera menindaklanjuti.

“Kami masih menunggu hasil penyelidikan dari kepolisian, sejauh ini kami hanya menerima tembusan saja,” papar Novan. (*)

Baca Juga  Ayah Penganiaya Bocah Enam Tahun Dijadikan Tersangka

 

Penulis : Moh. Rochim
Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …