LUKA BAKAR: Dua korban dirawat di RSU Wonolangan Dringu. Insert: Polisi menggelar olah TKP usai kejadian. (foto: Hafiz Rozani).

Petasan Meledak saat Diracik, Paman-Keponakan asal Lumbang Alami Luka Bakar

Probolinggo,- Dua warga Dusun Kranggan, Desa Palangbesi, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo menjadi korban ledakan petasan yang dibuatnya, Sabtu malam (23/3/2024). Akibat kejadian tersebut dua orang mengalami luka bakar serius.

Kapolsek Lumbang, AKP Suharsono memgatakan, ledakan petasan ini bermula saat korban yang diketahui bernama Joko (36), sedang membuat petasan di teras rumahnya. Petasan itu dibuat rencananya untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri.

Saat meracik itulah, tiba-tiba petasan meledak dan mengenai Joko. Tak hanya itu, keponakan Joko bernama M. Farizal (14) yang saat itu berada di dekat korban, juga terkena ledakan.

“Joko pekerjaannya petani dan pemulung di Surabaya. Menjelang Idul Fitri, Joko pulang dan membuat petasan namun tidak diperjualbelikan. Pada Minggu dini hari petasan yang dibuat Joko meledak,” ujar Kapolsek.

Akibat kejadian ini, Joko dan Muhammad Fahrizal mengalami luka di hampir sekujur tubuhnya. Joko luka bakar pada bagian dada, wajah dan tangan.

Sementara Fahrizal, luka serius ada pada bagian wajah dan tangan. Kedua korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

Anggota Polsek Lumbang yang mendapat informasi kemudian melakukan olah TKP di lokasi ledakan. Selain memintai keterangan saksi, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni, beberapa petasan yang dibuat Joko.

“Saat ini masih dalam penyelidikan, untuk mengetahui penyebab pasti kejadian. Dua korban masih menjalani perawatan di rumah sakit sehingga belum dapat dimintai keterangan,” paparnya.

Polisi mengimbau, masyarakat tidak membuat petasan untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri.

“Selain membahayakan diri sendiri, petasan juga membahayakan orang lain. Jika ingin menyulut petasan agar membeli petasan yang dijual di toko resmi,” imbau Suharsono. (*)

 

Baca Juga  Motor PMI Digondol, Pelaku Terekam CCTV

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …