KHUSUS DIFABEL: Salah satu titik layanan ramah disabilitas di MPP Lumajang. (foto: Asmadi)

Ciptakan Layanan Inklusif dan Efektif, MPP Lumajang Fasilitasi Penyandang Disabilitas

Lumajang,- Mal Pelayanan Publik (MPP) Lumajang akan menyediakan pelayanan yang ramah bagi penyandang disabilitas. Salah satunya yakni menyediakan jalur khusus dan fasilitas seperti kursi roda.

“Kami dari pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memberikan fasilitas kepada para penyandang disabilitas dalam pelayanan publik,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lumajang, Ari Murcono, Selasa (20/2/24).

Selain sarana prasarana yang nantinya akan disediakan, kata Ari, pihaknya juga berencana menyediakan layanan penerjemah bagi penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan berbicara dan mendengar.

“Intinya memastikan bahwa setiap individu dapat mengakses layanan publik tanpa hambatan komunikasi. Penyedian gerai layanan prioritas bagi disabilitas sudah disediakan. Harapan tahun ini, dapat terealisasi pembuatan guiding block di ruang layanan MPP, dan akan ada petugas khusus berkemampuan bahasa isyarat,” paparnya.

Lebih lanjut Ari menyampaikan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan stakeholder terkait lainnya untuk memberikan layanan sehingga pelayanan MPP Lumajang bisa inklusif dan efektif.

“Dengan langkah ini, iharapkan layanan publik dapat menjadi lebih aksesibel dan ramah bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus,” pungkasnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  GTT/PTT di Kabupaten Probolinggo Akan Difasilitasi BPJS Ketenagakerjaan

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …