Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni. (foto: dok)

Survei IMDI, Masyarakat Lumajang Kian Melek Digital 

Lumajang,- Berdasarkan hasil survei Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) tahun 2023 yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan skor IMDI yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Hasil survei diumumkan dalam kegiatan bertajuk ‘Strategic Alignment Forum Jatim Digital Mendukung Penguatan Indonesia Emas’ di Ballroom Blambangan El Hotel Banyuwangi, Senin (05/02/2024) lalu.

Puslitbang IKP Aptika Kemenkominfo RI mencatat bahwa pada tahun 2022, IMDI Lumajang berada diangka 35,27 kemudian naik signifikan menjadi 45,27 pada tahun 2023.

Pemkab Lumajang pda kesempatan tersebut diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Mustaqim bersama Sekretaris Bappeda Lumajang, Puguh Budi Laswono.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menyambut baik hasil survei IMDI 2023 ini. Menurutnya, peningkatan skor IMDI Lumajang merupakan hasil kerja keras berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, akademisi, komunitas, dan masyarakat luas.

“Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berkomitmen untuk meningkatkan literasi digital dan mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Yuyun, sapaan akrab Indah Wahyuni.

Peningkatan ini, klaim Yuyun, menunjukkan bahwa masyarakat Lumajang semakin adaptif dan terampil dalam menggunakan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan.

Indeks Masyarakat Digital merupakan suatu pengukuran tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital pada kehidupan sehari-hari maupun terkait pekerjaannya.

Lebih jauh, sambung Yuyun, IMDI dapat dijadikan acuan dalam perencanaan kebijakan dan program pengembangan SDM Digital di Indonesia.

“Komponen IMDI yang mengalami peningkatan signifikan di Lumajang antaran lain disokong oleh beberapa pilar, antara lain Infrastruktrur dan ekosistem meningkat dari 43,34 menjadi 61,73, Keterampilan digital naik dari 45,88 menjadi 62,94 dan nilai pemberdayaan dari 12,54 menjadi 24,90,” papar dia.

Baca Juga  Permudah Dapat SKAB, Pemkab Lumajang Fasilitasi Penambang Pasir Tradisional

Yuyun berharap, kedepannya IMDI Lumajang dapat terus meningkat dan masyarakat Lumajang dapat memanfaatkan teknologi digital secara optimal. “Ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tandas Yuyun. (*)

 

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Agung Wahyudi

Baca Juga

Pendamping PKH di Kabupaten Probolinggo Ditarget Turunkan 2.580 Warga dari Kemiskinan

Probolinggo,- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Probolinggo tahun ini memiliki tanggung jawab berat. …