Pedagang sapi potong lokal di Kabupaten Lumajang mulai resah dengan serbuan sapi impor di pasaran. (foto: Asmadi).

Sapi Impor Ilegal Resahkan Pedagang, Pemkab Lumajang Janji Segera Tertibkan

Lumajang,- Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni menyebut, eks sapi impor yang masuk ke wilayahnya merupakan sapi ilegal. Sebab, sapi potong itu masuk tanpa izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Ini adalah masalah tata niaga. Saya tidak mengijinkan adanya sapi eks impor masuk ke Lumajang. Saya minta perangkat daerah turun langsung ke lapangan, melihat kondisi pembeli dari luar Lumajang ini, dan nanti kita tertibkan bersama-sama,” katanya saat dialog bersama pedagang dan jagal sapi di Gedung TP PKK Kabupaten Lumajang, Kamis (25/1/24).

Menurutnya Yuyun, panggilan Indah Wahyuni, masuknya eks sapi impor berdampak pada stabilitas perdagangan sapi di wilayah Kabupaten Lumajang.

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk merumuskan solusi terhadap permasalahan ini dan membenahi tata niaga yang saat ini dihadapi oleh pedagang sapi, pedagang daging sapi, dan jagal.

Yuyun juga menekankan kepada pedagang daging sapi atau jagal untuk tidak melakukan penyembelihan di luar Rumah Potong Hewan (RPH) yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga standar penyembelihan dan meningkatkan kontrol terhadap sapi yang akan disembelih.

Meskipun pihak swasta diperbolehkan membuka rumah jagal, namun harus melalui prosedur dan aturan yang berlaku.

“Pemotongan sapi, saya minta agar dilakukan di RPH yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Meskipun pihak swasta diperbolehkan membuka rumah jagal, namun harus melalui prosedur dan aturan yang berlaku,” terang dia.

Dengan adanya pertemuan tersebut, diharapkan akan tercapai solusi yang adil dan berkelanjutan bagi semua pihak terkait dalam rangka menjaga kestabilan perdagangan sapi di Kabupaten Lumajang.

“Saya berharap dengan adanya pertemuan ini bisa membuat para pedagang daging maupun jagal sapi dapat mensosialosasikan hasil dialog ini kepada masyarakat,” pungkas dia. (*)

Baca Juga  Harga Cabai Rawit Terjun Bebas Rp10 Ribu/Kg, Petani Mengaku Rugi

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …