Abdul Rozak, Petani asal Desa Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan menunjukkan tanaman bawang merah yang rusak akibat kekeringan, Senin (18/9/2017)

Dilanda Kekeringan, Bawang Merah Kering Kerontang

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejumlah area tanaman bawang merah di Desa Tegalmojo, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, mengalami kekeringan akibat kekurangan pasokan air. Kondisi ini terjadi karena mata air disekitar persawahan mulai kering, pasca dilanda kemarau panjang.

Abdul Rozak, salah satu petani menuturkan, agar dapat tumbuh normal bawang merah semestinya disiram rutin sekali dalam dua hari. Suplai air ini dilakukan sejak masa tanam hingga bawang merah berumur 60 hari atau sepekan jelang panen.

“Saat ini kami kesulitan mendapatkan air, sehingga jarang menyirami bawang merah. Dampaknya daun bawang kering, kalau sudah begini tunas bawang jadi kecil bahkan mati jika usia bawang masih dibawah satu bulan,” keluh Rozak.

Selain faktor cuaca panas dan kekurangan pasokan air, lanjut Rozak, kekeringan daun bawang merah sebagiannya dipengaruhi oleh penyemprotan pestisida secara berlebihan. “Itu bbisa juga karena penyemprotan obat hama terlalu banyak, biar bawang gak dimakan ulat. Tapi kalau disiram terus, obat pestisidanya kan hilang mas,” ujarnya.

Kekurangan pasokan air membuat tanaman bawang merah rusak dan kering, sehingga berpotensi mengurangi hasil panen. (em)

Kekeringan pada bawang merah ini membuat petani was-was hasil panen tidak bisa melimpah seperti biasanya. Dalam kondisi normal, satu hektar lahan dapat menghasilkan sekitar 12 ton bawang merah. “Kalau sudah rusak gini, kayaknya gak bisa tembus 12 ton mas,” ujar Kamari Yoyo, Petani yang juga berasal dari Desa Tegalmojo.

Padahal sebagian besar petani di desanya dan beberapa desa tetangga, sudah siap panen karena usia bawang merah sudah mendekati 60 hari. “Mudah-mudahan saja hasil panen masih normal mas, kalo gak gitu pasti petani rugi. Apalagi harga bawang di sawah paling mahal Rp.13.000, itu yang super,” harapnya. (em/ela).

Baca Juga  Jualan di Jalan, PKL Bermobil Diminta Pindah

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …