Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni alias Yuyun. (foto: Asmadi)

IPM di Lumajang Naik 1,30 Persen, Pj Bupati Beberkan Faktor Penyebabnya

Lumajang,- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lumajang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), berada di angka 69,37. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 0,8 poin atau 1,30 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pj Bupati Bupati Lumajang Indah Wahyuni, menyampaikan rasa syukurnya atas capaian tersebut. Menurutnya, peningkatan IPM mencerminkan efektivitas program-program pemerintah daerah yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Jadi nilai IPM kami sudah baik, rankingnya dari 36 menjadi 35, salah satunya yaitu dari meningkatnya dunia pendidikan dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kami,” katanya, Senin (15/1/24).

Yuyun, sapaan Indah Wahyuni, menyebut bahwa Pemkab Lumajang juga sudah berkomitmen untuk mendukung kemajuan dan pengembangan Pusat Studi Dalam Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) di Kampus Lumajang.

Komitmen tersebut, disebutkan Yuyun, menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam memajukan sektor pendidikan di wilayah kota pisang.

Bahkan, pada tahun 2024, bantuan operasional dan penyelesaian pembangunan gedung tiga lantai untuk PSDKU POLINEMA sudah termasuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Di tahun 2024, untuk bantuan operasional dan kelanjutan penyelesaian pembangunan gedung tiga lantai itu sudah masuk di APBD,” tambah Yuyun.

Pendirian PSDKU POLINEMA diakuinya memberikan dampak positif terhadap roda perekonomian di Lumajang. Kehadiran mahasiswa dari luar daerah meningkatkan permintaan akan fasilitas tempat tinggal, membuat bisnis kos-kosan semakin berkembang.

“Ini membawa dampak positif terhadap roda perekonomian kita, karena ternyata mahasiswa di POLINEMA cukup banyak, ada yang dari luar Lumajang sehingga bisnis kos disitu lebih marak,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Buru Kera Liar, Ini Langkah Pemkot Probolinggo

Baca Juga

Cegah Banjir, Pemkab Lumajang Gencarkan Normalisasi Sungai

Lumajang,- Untuk mempercepat penanganan korban banjir, Sungai Kali Asem di Kelurahan Rogoturunan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mulai …