Asyik! Petani di Lumajang Digerojok Bantuan Pupuk Subsidi

Lumajang,- Ditengah kelangkaan pupuk subsidi, para petani tembakau di Kabupaten Lumajang kini bisa bernafas lega. Pasalnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat, menyalurkan bantuan pupuk non subsidi ke para petani.

Bantuan tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT). Dana tersebut kemudian disalurkan dan diterima langsung oleh para petani dalam bentuk pupuk.

“Bantuan ini berasal dari dana cukai, sehingga layak diberikan ke petani tembakau yang menyumbangkan dana cukai melalui hasil pertaniannya,” kata Kepala DKPP Lumajang, Khairil Diani saat dikonfirmasi, Kamis (27/10/22).

Menurutnya, ada sekitar 54 ton pupuk NPK non subsidi yang dibagikan secara langsung ke petani tembakau di wilayah Kabupaten Lumajang.

Bantuan tersebut diserahkan ke para petani yang bermitra langsung dengan PT. Indonesia Dwi Sembilan (IDS) maupun PT. Alliance One Indonesia (AOI).

Penyaluran bantuan pupuk melalui Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). Dengan mekanisme ini, penyaluran bantuan pupuk tidak akan berangsur lama.

Sebab APTI sendiri merupakan tempat pemasok tembakau di Kabupaten Lumajang. “Alhamdulillah proses penyalurannya sudah selesai, selama satu mingguan”, ujar Ketua APTI Lumajang, Dwi Wahyono.

Data dari APTI, terdapat 33 Kelompok Tani Tembakau yang tersebar di 10 kecamatan. “Luasan lahan pertanian tembakau mencapai 400 hektar lebih” pungkasnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Sambut Idul Adha, 200 TPHS Disiapkan

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …