Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo di Jl. Panglima Sudirman. (foto: Hafiz Rozani).

Dewan Usulkan Dua Nama jadi Pj. Walikota Probolinggo, Siapa Kira-kira?

Probolinggo,- Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin akan purna tugas, pada 31 Desember 2023. Dua nama pun diusulkan untuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota agar tidak ada kekosongan kekuasaan (vacuum of power) di Kota Probolinggo.

Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo, Fernanda Zulkarnain mengatakan, sebelum mengusulkan dua nama, ada 7 nama yang digodok oleh sejumlah fraksi di DPRD Kota Probolinggo untuk menjadi Pj. Wali Kota Probolinggo.

Tujuh nama tersebut yakni Ninik Ira Wibawati (Sekda Kota Probolinggo), Teguh Bagus Sudjarwo (Sekwan DPRD Kota Probolinggo), Wawan Soegyantoro (Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan), dan Rey Suwigyo (Kepala Dinas Sosial).

Selanjutnya ada nama Rachmadeta Antariksa (Kadispopar), Budiono Wirawan (Kadisperinaker), serta Muhammad Sonhaji (Kepala Bakesbangpol).

“Dari tujuh usulan tersebut, kemudian kita rapat paripurna untuk membahas kelengkapan administrasi hingga hal lainnya, sehingga dari rapat itu akhirnya muncul dua nama untuk diusulkan sebagai Pj. Wali Kota Probolinggo,” ujar Fernanda, Senin (27/11/23).

Dua nama terpilih adalah Ninik Ira Wibawati, yang saat ini menjabat Sekda Kota Probolinggo, dan Teguh Bagus Sudjarwo yang sekarang menduduki Seketaris DPRD Kota Probolinggo.

Selanjutnya, dewan akan mengusulkan dua nama ini ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dua nama tersebut, menurut Fernanda, sudah disepakati sebagai usulan dari DPRD Kota Probolinggo. Sementara pihak yang berwenang menentukan Pj. Wali Kota Probolinggo adalah Kemendagri.

“Harapan kita, yang nantinya menjadi Pj. Wali Kota bisa menjalankan program-program serta bisa berkolaborasi dengan DPRD Kota Probolinggo,” imbuhnya. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Bentrok di DPRD Kota Probolinggo Reda Berkat Asmaul Husna

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …