Tanggap Darurat Kekeringan, Probolinggo Belum Terima Rp250 Juta dari BNPB

Tanggap Darurat Kekeringan, Probolinggo Belum Terima Rp250 Juta dari BNPB

Probolinggo – Sebanyak 21 daerah di Provinsi Jawa Timur kini mengalami kekeringan kritis akibat kemarau panjang. Sejumlah daerah ini kini berstatus penanganan bencana, termasuk Kabupaten Probolinggo.

Dari 21 daerah tersebut, 12 di antaranya berstatus siaga darurat. Sedangkan Kabupaten Probolinggo berstatus tanggap darurat bersama delapan daerah lainnya.

“Kabupaten Probolinggo statusnya tanggap darurat kekeringan dan karhutla (kebakaran lahan dan hutan, Red.),” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarif, Kamis (12/10/2023).

Sebagai daerah yang masuk dalam status tanggap kekeringan, Kabupaten Probolinggo akan mendapatkan bantuan sebesar Rp250 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan ini dimaksudkan untuk membantu penanganan kekeringan yang terjadi di daerah.
“Untuk bantuannya masih belum kami terima,” ujarnya.

Oemar menjelaskan, Kabupaten Probolinggo masuk dalam status tanggap darurat kekeringan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Bupati Probolinggo Nomor 360/371/426.32/2023 tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Kekeringan, Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Probolinggo. Surat tersebut dikeluarkan pada Juli 2023 lalu.

“Status tanggap darurat kekeringan dan karhutla ini berlaku selama 90 hari terhitung sejak 24 Juli lalu, atau sejak surat bupati diterbitkan,” ucapnya.

Ia menambahkan, musim kemarau tahun ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir November mendatang. Namun, untuk pastinya, pihaknya tetap menunggu update yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Prediksi untuk musim hujan masih akhir November. Tapi untuk selanjutnya, kami tetap menunggu surat dari BMKG,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kabupaten Probolinggo Segera Terapkan PSBM

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …