MAHAL: Harga beras di Kabupaten Lumajang mahal dan dikeluhkan masyarakat. (foto: Asmadi).

Antisipasi Penimbungan Beras, Pemkab Lumajang Segera Gelar Pasar Murah

Lumajang,- Harga beras di sejumlah daerah meroket, tak terkecuali di Kabupaten Lumajang. Untuk mengantisipasi terjadinya penimbungan, pemerintah setempat pun melakukan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dan menyiapkan pasar murah.

“Jangan sampai banyak beras yang keluar akan tetapi malah ada yang ditimbun, ini yang akan menjadi masalah,” kata Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni Kamis (28/9/2023).

Menurutnya, Pemerintah daerah dalam waktu akan menggelar pasar murah pada bulan Oktober 2023 mendatang, tepatnya dalam peringatan Hari Pangan Sedunia.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Lumajang) tadi sudah menyampaikan akan menggelar pasar murah saat Hari Pangan Sedunia, dua kali di bulan Oktober,” ujarnya.

Sementara, untuk menjalankan program SPHP, Pemkab Lumajang akan bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog). Langkah itu guna menjaga stabilitas harga sekaligus pengendalian inflasi di Lumajang.

“Bulog sudah menyampaikan tadi, akan membantu 40 ton, itu akan mulai hari Senin,” ungkapnya.

Yuyun juga mengatakan, bahwa SPHP merupakan bentuk lain dari operasi pasar yang ditujukan membantu masyarakat mendapatkan harga beras yang lebih terjangkau, atau sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Yang tidak kalah penting ini publikasinya, sehingga apa yang kita lakukan bisa diketahui masyarakat, kemudian dimana-mana tempat yang bisa memperoleh harga beras sesuai HET,” ujar dia.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, disebutkan bahwa beras SPHP yang sudah disalurkan sampai 13 September 2023, tercatat sebanyak 653,994 ton.

Adapun harga beras kualitas premium yang dijual pedagang di kota pisang antara Rp11.500 hingga 12.500 per kilogram. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga di Lumajang, Puluhan Rumah Porak-poranda

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …