Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. (foto: Asmadi)

Tingkatkan Kualitas SDM ASN, Pemkab Lumajang Gandeng Perguruan Tinggi lewat Program RPL

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang memiliki tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 14 ribu orang, terdiri dari PNS, Tenaga PPPK dan Tenaga Honorer. Beberapa orang diantaranya masih berpendidikan SMA.

Agar semua ASN bisa menempuh pendidikan Strata 1 (S-1) dan Strata 2 (S-2), pemerintah kota pisang pun gandeng Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menjelaskan, program itu berawal dari tawaran Unmuh Jember, yang menawarkan program rekognisi untuk jajaran ASN di lingkungan Pemkab Lumajang.

Menurut wanita yang akrab disapa Bunda Indah ini, program itu menjadi salah satu solusi bagi ASN di Kabupaten Lumajang yang ingin menempuh pendidikan jenjang S-1dan S-2, karena tidak terlalu menyita waktu ditengah padatnya aktivitas kerja.

“Ini sangat disambut baik oleh para ASN kami, mudah-mudahan ini saling menguntungkan. Tentu percepatan seperti ini banyak diharapkan untuk perbaikan kualitas dan jenjang karir teman-teman,” kata Bunda Indah, Rabu (23/8/23).

“Kami sambut program ini dengan baik dan antusias. Saya akan turun langsung untuk mengawal program ini, saya yakin program ini sangat membantu SDM aparatur kami untuk meningkatkan kualitas,” tambahnya.

Wakil Rektor I Unmuh Jember, Emy Cholifah menyampaikan, ada 22 program studi Strata 1 dan 1 program magister yang sudah bisa dipilih para ASN di Pemkab Lumajang melalui program RPL.

Dijelaskannya, RPL merupakan program yang diberikan untuk pekerja yang sudah bekerja dalam bidang tertentu kemudian menempuh perkuliahan dengan waktu yang relatif sebentar sehingga tidak menggangu pekerjaan.

Untuk memfasilitasi program tersebut, imbuh Emy, Unmuh Jember berencana membuka perkuliahan program RPL di wilayah Kabupaten Lumajang.

“Selain bersilaturahmi kami juga ingin berkolaborasi dengan Pemkab Lumajang, kami tim program RPL, kebetulan memang sudah banyak peminatnya. Rencananya kita akan buka di Lumajang, kami mohon Ibu Indah juga berkenan melaunchingnya,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Dua Warga Klakah Duel, Kini Sama-sama Sekarat 

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …