Dua mempelai laki-laki Kades Ngadisari dan perempuan Kades Wonotoro melakukan Tari Sodoran.

Hari Raya Karo, Warga Tengger Gelar Tari Sodoran

Probolinggo – Warga Tengger di tiga desa (Ngadisari, Wonotoro, dan Jetak), Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada Kamis (3/08/23) melaksanakan ritual Tari Sodoran. Ritual yang menggambarkan pernikahan laki-laki dan perempuan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Hari Karo.

Ritual Tari Sodoran yang digelar Kamis siang di Balai Desa Ngadisari diawali dengan pertemuan pasangan pengantin. Di mana rombongan mempelai laki-laki dari Desa Ngadisari, dan rombongan mempelai perempuan dari Desa Wonotoro. Secara simbolis kedua pengantin ini laki-laki ini merupakan Kepala Desa Ngadisari dan Kepala Desa Wonotoro.

Saat pertemuan tersebut, mempelai laki-laki dari Desa Ngadisari membawa Jimat Klontongan, yang terdiri dari tanduk sapi, tempat air, serta tombak. Setelah pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan prosesi ritual Tari Sodoran yang dilaksanakan di Balai Desa Ngadisari.

Sebelum ritual Tari Sodoran, dukun pandita membaca mantera-mantera. Tari Sodoran sendiri diperagakan oleh dua pasangan laki-laki dari Desa Ngadisari dan Wonotoro yang kemudian secara bergantian menari setelah sepasang penari sebelumnya selesai menari.

“Jadi Tari Sodoran ini sebagai simbolis penciptaan atau tanda pencipta. Sementara ada tanduk kerbau yang juga digunakan saat Tari Sodoran ini sebagai simbol pemersatu warga Suku Tengger,” ujar Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto.

Di tengah ritual Tari Sodoran, kaum ibu dan remaja perempuan dari dua desa, Ngadisari dan Wonotoro datang membawa bekal makanan untuk diberikan kepada kaum laki-laki yang melaksanakan ritual Tari Sodoran.

“Tari Sodoran tahun ini dilaksanakan di Desa Ngadisari. Nantinya setelah Jimat Klontongan diserahkan ke Desa Wonotoro, Tari Sodoran tahun depan akan dilaksanakan di Desa Wonotoro,” kata Bambang.

Sementara salah satu remaja asal Desa Ngadisari, Nike Siay Mulya Adriani mengatakan, Tari Sodoran ini merupakan tradisi turun-temurun, yang melambangkan pertemuan antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga  Kolosal Tari Glipang Warnai Gebyar Harjakabpro ke 273

“Tari Sodoran ini sudah ada sejak zaman leluhur, yang mana dalam pelaksanaannya saya tadi mengirim makanan untuk bapak sama kakak yang ikut ritual. Saya berharap, generasi muda setelah saya dapat tetap melestarikan Tari Sodoran ini,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …