Satu Kursi DPRD Kab. Probolinggo Masih Kosong, Dua Calon Pengganti Justru Pindah Partai

Probolinggo – Hingga saat ini, ada satu kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo belum terisi. Hal ini lantaran Solihin anggota dewan dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meninggal dunia pada Minggu (28/5/2023) lalu saat tengah melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah.

Namun, kekosongan kursi yang ditinggalkan almarhum tersebut, diyakini akan segera terisi. Hal itu diungkap oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Agus Hariyanto Andinata.

“Sudah kami plenokan untuk calon penggantinya sesuai dengan pengajuan partainya,” katanya, Jumat (14/7/2023).

Ia mengungkapkan, dalam pleno tersebut pengganti dari Solihin menjadi anggota dewan adalah Bob Abdullah.

Bob sendiri merupakan calon legislatif pada Pemilu 2019 dari Dapil VI yang meliputi Kecamatan Bantaran, Kuripan, Sumber, Sukapura, dan Wonomerto. Ia sedapil dengan Solihin.
Agus juga mengungkapkan, sejatinya pada pemilu 2019 lalu, Bob memperoleh suara terbanyak keempat di dapil tersebut dari PPP dengan 131 suara.

Sedangkan peringat dua, Abd. Malik dengan perolehan 2.271 suara yang kini sudah menjadi Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) dari Partai Golkar.

Di peringkat ketiga ada Ribut Fadillah A. Bebun dengan perolehan 682 Suara, namun kini Ribut sudah berpindah partai dengan menjadi BCAD dari Partai Hanura. Secara berurutan, baik Malik maupun Ribut tepat berada di bawah Solihin yang memperoleh sebanyak 3.685 suara.

“Peringkat kedua dan ketiga telah menjadi pengurus di parpol lain. Selain itu, oleh partai (PPP, Red.) telah diberhentikan. Sehingga, Bob Abdullah yang menjadi pengganti dari pada almarhum, hasilnya plenonya pun sudah kami serahkan ke pihak dewan,” katanya.

Menurut Agus, dengan selesainya pleno di KPU setempat terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) Solihin, seharusnya pelantikan sudah bisa segera dilaksanakan. Sebab, berkas pleno dari KPU yang diserahkan ke dewan, bisa secepatnya disampaikan ke Bagian Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga  Perbaiki Nasib, Buruh di Kota Pasuruan Rame-rame Nyaleg

“Dari pemkab nanti disampaikan ke provinsi. Dan pelantikan seharusnya bisa dilakukan di bulan ini,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Partai Demokrat Lumajang Buka Pendaftaran Cabup, Non Kader Dipersilahkan Daftar

Lumajang,- DPC Partai Demokrat membuka pendaftaran bakal calon (bacalon) bupati dan wakil bupati untuk menghadapi …