Walikota dan sejumlah kepala lembaga meresmikan (launching) Satgas Pencegahan Korupsi.

Pemkot Probolinggo ‘Launching’ Satgas Pencegahan Korupsi 

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo meluncurkan (melaunching) Satgas Pencegahan Korupsi di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Senin (3/4/2023). Keberadaan satgas ini diharapkan dapat mencegah segala bentuk tindak korupsi.

Selain dihadiri Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, hingga seluruh OPD lingkungan Pemkot Probolinggo, kegiatan itu juga dihadiri Wakil Ketua KPK RI Alexander Marwata, Kepala Perwakilam BPKP Jatim Abul Chair, Kepala BPK Perwakilan Jatim Karyadi, dan Sekjen Tim Satgas Saber Pungli, Irjen Pol. Andri Wibowo.

Satgas Pencegahan Korupsi Kota Probolinggo berada di bawah naungan Inpektorat Kota Probolinggo. Sedangkan untuk tingkat Organisasi Perangjat Daerah (OPD) diketahui oleh Kepala OPD masing-masing.

Walikota mengatakan, tugas tim satgas pencegahan korupsi ini di antaranya, menyusun aksi pelaksanaan pencegahan korupsi. Serta menyusun kebijakan dan pedoman dalam penetapan rencana pengendalian kecurangan pada unit kerja.

“Untuk melaksanakan tugasnya, satgas pencegahan korupsi ini akan dibekali pengetahuan, serta langkah upaya pencegahan korupsi,” ujarnya.

Dengan dibentuknya tim satgas ini, diharapkan dapat mencegah segala bentuk tindak korupsi di tingkat OPD, serta dapat mencegah penyalahgunaan kewenangan oleh aparatur penyelengara.

“Saya berharap dengan laucnhing satgas pencegahan korupsi ini, baik kepala daerah hingga kepala OPD memiliki komitmen untuk mencegah tindak korupsi,” kata Habib Hadi.

Launching satgas pencegahan korupsi ini ditandai dengan menekan tombol bersama yang dilakukan oleh walikota, Kepala Perwakilan BPKP Jatim, Kepala BPK Perwakilan Jatim, dan Wakil Ketua KPK RI.

Wakil Ketua KPK RI, Alexander Marwata mengatakan, selain upaya pencegahan korupsi yang nantinya dilakukan oleh satgas pencegahan korupsi, peran masyatakat juga penting di antaranya tidak memberi upeti, hingga suap kepada pejabat.

“Dengan apa yang dilakukan Kota Probolinggo dengan membentuk satgas pencegahan korupsi cukup baik. Sehingga KPK RI sendiri terus mendorong setiap institusi lembaga daerah juga melakukan pencegahan korupsi,” ujarnya. (Adv)

Baca Juga  Tanam Stroberi di Dataran Rendah, Siapa Takut?

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …