Distribusi air oleh BPBD di daerah Kecamatan Besuk pada tahun lalu.

Kemarau, Kekeringan Ancam 10 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo

Probolinggo – Memasuki musim kemarau, membuat Badan Penanggulangan Benacana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo bersiap siaga untuk terus melakukan pendropingan air bersih ke sejumlah daerah. Sebab, terdapat beberapa daerah yang berpotensi mengalami kekeringan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik pada BPBD setempat, Zubaidullah mengatakan, ada 10 kecamatan yang daerahnya berpotensi mengalami kekeringan. Mulai dari Kecamatan Bantaran, Gading, Krucil, Kuripan, Lumbang, Sukapura, Sumberasih, Tegalsiwalan, Tongas, dan Wonomerto.

“Daerah yang meminta pendropingan, kami pasok. Seperti halnya di daerah Kecamatan Tegalsiwalan, itu sudah mulai kami pasok air bersihnya,” katanya, Jumat (14/7/2023).

Pria yang akrab disapa Izul tersebut melanjutkan, potensi kekeringan ini menurutnya bukan menjadi jaminan daerah-daerah tersebut akan mengalami kekeringan. Begitu pun sebaliknya, belum tentu kecamatan yang tidak termasuk dalam daftar potensi kekeringan, akan terbebas dari ancaman kekeringan.

“Yang kami petakan itu adalah daerah yang memiliki risiko tinggi untuk terjadi kekeringan, tapi bukan hal yang pasti. Begitu pun dengan daerah yang tidak berpotensi kekeringan, juga belum tentu bebas dari resiko kekeringan,” ujarnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat bisa melakukan mitigasi risiko bencana kekeringan. Salah satunya dengan cara memanfaatkan ketersediaan air untuk penggunaan yang efektif dan seperlunya.

“Kami berharap masyarakat bisa lebih memaksimalkan penggunaan air saat musim kemarau ini. Dan apabila sumber mata air di wilayahnya telah kecil atau kering. Segera laporkan, agar bisa segera dilakukan droping air,” paparnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Antisipasi Teror, Pos Lantas Siapkan Karung

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …