DIRABAS: Petugas DLH Kabupaten Probolinggo saat merabas pohon di pinggir jalan. (foto: Ali Ya'lu).

Membahayakan Pengguna Jalan, Pepohonan di Kraksaan Dirabas

Kraksaan,- Banyaknya cabang dan ranting pohon yang menjulang hingga ke tepi jalan, membuat sejumlah pengguna jalan di wilayah Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, resah. Pasalnya, cabang-cabang pohon itu dinilai mengancam keselamatan pengguna jalan.

Salah seorang pengendara dari Desa Alassumur Kulon, Kota Kraksaan, Lukman Hakim berharap, pemerintah dapat merapikan beberapa pohon yang dahan dan rantingnya berada di atas jalan raya.

Utamanya di jalan dr. Soetomo Kelurahan Kandangjati Kulon, Kecamatan Kraksaan dan beberapa titik ruas jalur pantura.

“Beberapa hari yang lalu kan sudah ada kejadian seorang anak tertimpa pohon, jadi harapannya segera dirapikan, biar tidak terulang,” kata Lukman, Minggu (12/3/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi mengatakan, pohon yang berada di jalanan Kota Kraksaan memang menjadi tanggung jawabnya.

Pihaknya pun selama ini telah rutin melakukam perabasan pohon demi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara, khususnya penggemar roda dua.

“Sejauh ini yang kami rabas itu baru di Kraksaan wilayah barat. Bagian timur baru sampai di timurnya alun-alun, tapi sudah ada kejadian di depan rumah sakit. Tentu ini atensi bagi kami untuk terus melakukan perabasan pohon,” paparnya.

Selain dari DLH, perabasan pohon juga rutin dilakukan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Kraksaan. Sasarannya, pohon-pohon yang berdekatan dengan kabel jaringan listrik.

“Intinya kami rabas yang dekat dengan kabel jaringan, baik itu yang jauh maupun yang dekat dengan jalan raya,” klaim Manager ULP PLN Rayon Kraksaan, Rechi Novriadi. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Musim Angin, Bakar Sampah Bisa Picu Kebakaran

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …