Idul Adha 2023, Jumlah Hewan Kurban Turun 1.393 Ekor

Idul Adha 2023, Jumlah Hewan Kurban Turun 1.393 Ekor

Probolinggo – Jumlah hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Probolinggo pada Idul Adha 1444 Hijriyah/2023 Masehi menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, Dinas Pertanian (Disperta setempat mencatat, terdapat 2.677 hewan kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disperta setempat drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, setidaknya ada penurunan sejumlah 1.393 hewan kurban.

“Tahun lalu jumlah hewan kurban mencapai 4.070 ekor. Jadi ada penurunan lebih dari 1.000 ekor untuk tahun ini,” katanya, Senin (3/7/2023).

Ia melanjutkan, sejumlah hewan kurban tersebut disembelih di beberapa Tempat Pemotongan Hewan Sementara (TPHS) dan juga Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang dikelola Disperta setempat. Namun, untuk RPH, hanya yang ada di Kecamatan Krejengan dan Maron yang digunakan pada tahun ini.

“Total ada 131 TPHS yamg digunakan untuk tahun ini, untuk RPH hanya di Krejenagan dan Maron, karena mungkin RPH yamg lain jauh dari masyarakat,” ujarnya.

Ia merinci, untuk hewan kurban pada tahun ini, terdiri dari 744 sapi, 1.359 domba, dan 574 ekor kambing. Rata-rata, hewan kurban tersebut berjenis kelamin jantan.

“Yang sapi itu ada 66 yang betina, sedangkan untuk domba dan kambing, semuanya berjenis kelamin jantan,” ujarnya.

Niko juga menjelaskan, pada pelaksanaan kurban tahun ini, hewan-hewan yang disembelih kondisinya dalam keadaan sehat. Pihaknya hanya menemukan satu hewan kurban yang kondisi kesehatannya kurang sempurna.

“Dari 2.677 hewan kurban, kami hanya menemukan satu ekor domba yang terdapat keropeng pada bibir sebelah kirinya,” ujarnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kodim Libatkan Personelnya di ‘Check Point’

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …