Petugas koramil mengamankan ban bekas yang dibawa oleh warga yang hendak ritual (Foto : Istimewa)

Selama Kasada, Koramil Sukapura dan TNBTS Amankan 50 Ban Bekas

Probolinggo – Sebelum pelaksanaan Yadnya Kasada, petugas gabungan melaksanakan penyekatan di pos pintu masuk Cemorolawang. Selama penyekatan petugas gabungan dari Koramil Sukapura dan TNBTS berhasil mengamankan puluhan ban yang hendak dibakar di Lautan Pasir Bromo.

Bati Komsos Koramil Sukapura, Pelda Dodik Nurhuda mengatakan, razia penyekatan tersebut dilaksanakan Minggu hingga Senin (4-5/06/23). Penyekatan ini untuk mengantisipasi wisatawan yang nekat masuk saat Yadnya Kasada.

Selain itu, petugas juga mengatensi warga yang hendak melaksanakan ritual yang membawa ban bekas untuk dibakar. Karena khawatir sisa pembakaran ban tidak dibersihkan, serta hasil pembakaran ban bekas mengganggu jalannya ritual, maka ban bekas tersebut kemudian diamankan.

“Jadi dengan penyekatan yang kami lakukan di pintu Cemorolawang, petugas berhasil mengamankan ban bekas yang dibawa oleh warga ke Lautan Pasir Bromo. Ban bekas ini rencananya akan dibakar untuk menghangatkan diri selama ritual digelar,” ujarnya.

Dari penyekatan yang dilaksanakan sejak Minggu pagi hingga Senin pagi, petugas mengamankan 50 ban bekas yang dibawa oleh warga. Tak hanya ban bekas motor, namun petugas juga mendapati ban bekas mobil yang hendak dibakar.

Selain di pintu masuk, petugas juga melakukan razia di Lautan Pasir Bromo. Hasilnya, petugas menemukan lima titik lokasi pembakaran ban bekas. Dari temuan tersebut, petugas kemudian meminta agar ban bekas yang dibakar dimatikan.

“Selanjutnya 50 ban bekas hasil penyekatan selama dua hari yang kedapatan dibawa oleh warga ini kami serahkan ke TNBTS,” imbuh Pelda Dodik. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jembatan Kaca di Bromo Segera Diresmikan Akhir Tahun 2022

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …