TERTUA: Kasmoro yang berusia 100 tahun, jadi CJH tertua di Kabupaten Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Berusia 1 Abad, Kakek Kasmoro jadi CJH Tertua di Pasuruan

Pasuruan,- Kasmoro, warga Dusun Pandansari, Desa Sumberejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, memecahkan rekor sebagai Calon Jama’ah Haji (CJH) tertua di wilayah setempat. Dengan usianya yang mencapai 100 tahun, ia masih nampak sehat dan lincah.

Kasmoro menjadi sosok inspiratif yang menginspirasi banyak orang di sekitarnya. Kelahiran Kasmoro yang tepat pada abad sebelumnya menunjukkan semangat yang luar biasa.

Untuk memenuhi biaya haji ke tanah suci Mekkah, Kasmoro menjual 4 ekor sapi piaraannya.

“Umur saya sudah 100 tahun. Biaya berangkat haji ini saja jual empat ekor sapi,” kata kata Kasmoro saat dutemui dirumahnya, Senin (29/5/2023).

Pria kelahiran 1923 ini mendaftar untuk haji pada tahun 2014. Ia sempat mengalami penundaan berangkat pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 dan pembatasan usia yang diterapkan.

Namun, setelah menunggu dengan sabar, Kasmoro akhirnya mendapat kabar gembira bahwa ia bisa berangkat haji pada tahun ini.

“Saya sangat senang dan bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk berangkat haji pada tahun ini,” ujar Kasmoro.

Pria yang sudah mempunyai 5 orang cicit ini akan bergabung dengan kloter Kabupaten Malang. Dia akan bergabung dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Singosari, Kabupaten Malang. Rencananya, Kasmoro akan berangkat pada tanggal 8 Juni 2023.

Meskipun sudah berusia senja, Kasmoro tetap terlihat bugar. Dia senantiasa menjaga kondisi fisiknya agar tetap sehat demi menjalankan ibadah haji dengan baik. Kasmoro rajin berolahraga ringan dan menjaga pola makan yang sehat.

“Semoga Allah memberikan kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan ibadah haji saya. Saya berharap agar ibadah ini diterima oleh Allah SWT,” tambah Kasmoro.

Putri dari Kasmoro, Nuntik (42), juga merasa sangat senang dan bersyukur karena ayahnya akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berangkat haji tahun ini setelah mengalami penundaan selama tiga tahun.

Baca Juga  Sepekan, Harga Telur Ayam Horn di Pasuruan Naik Rp 6 Ribu/Kg

“Kami sekeluarga sangat bahagia dan bersyukur karena ayah dapat melaksanakan ibadah haji tahun ini,” ungkap Nuntik.

Nuntik, yang merupakan anak ke 6 dari 8 bersaudara berharap dengan tulus dan penuh doa agar ibadah haji ayahnya, Kasmoro, berjalan dengan lancar dan sukses.

Ia berdoa agar ayahnya diberikan kesehatan yang baik selama menjalankan rangkaian ibadah di tanah suci.

Menurut Nuntik, ayahnya berangkat ke tanah suci didampingi oleh cucunya, Sinta Agustina (30) yang telah diangkat anak oleh ayahnya.

“Kami berharap bapak diberikan kekuatan dan kesehatan yang optimal selama menjalankan ibadah di tanah suci,” harap Nuntik. (*)

Editor Mohamad S
Publisher Zainul Hasan

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …