Seorang warga sedang donor darah.

Sempat Minim, Stok Darah AB di PMI Kota Probolinggo Berangsur Normal

Probolinggo – Stok darah AB di PMI di Kota Probolinggo dilaporkan minim sejak Rabu (11/05/23) lalu. Meski saat ini sudah masuk kategori aman, PMI Kota Probolinggo terus berupaya dengan melakukan donor darah di antaranya, dengan menggandeng komunitas donor darah.

Ketua PMI Kota Probolinggo, Mega Guntara mengatakan, stok darah AB di PMI Kota Probolinggo ini pada Rabu (10/05/23) menipis. Menipisnya darah AB ini hingga menyentuh angka 5 kantong darah.

“Jadi stok darah AB kami kemarin mencapai 5 kantong darah saja, jumlah stok darah ini berada di bawah stok aman persediaan darah PMI yang minimal 8 kantor darah,” ujarnya.

Mega mengungkapkan, menipisnya stok darah AB di PMI ini lantaran banyak permintaan darah golongan ini. Diperkirakan hal ini karena meningkatnya suatu kasus penyakit tertentu di rumah sakit.

Selain itu, PMI Kota Probolinggo tak hanya melayani permintaan darah di Kota Probolinggo saja, namun juga Kabupaten Probolinggo, sehingga stok darah AB yang dimiliki PMI menipis.

Namun demikian, kemarin setelah stok darah golongan AB menipis, PMI Kota Probolinggo melakukan upaya salah. Satunya melakukan donor darah dengan menggandeng komunitas kampung donor, serta komunitas donor darah di perusahaan-perusahaan.

“Dari upaya tersebut, per hari ini Kamis (11/05/23), stok darah golongan AB sudah kembali normal meski jumlahnya 8 kantong, namun upaya kita terus menggandeng komunitas kampung donor hingga perusahaan-perusahaan. Sehingga ketika ada permintaan, kami tetap dapat melayani,” imbuh Mega. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Setahun, Polres Probolinggo Suntikkan Ribuan Dosis Vaksin

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …