DAFTAR: Partai NasDem dan PDI Perjuangan saat daftarkan bacaleg di Kota Pasuruan. (foto: Moh. Rois)

Partai NasDem dan PDI Perjuangan Awali Pendaftaran Bacaleg di Kota Pasuruan

Pasuruan,- Memasuki hari kesebelas pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Kota Pasuruan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan, menerima dua partai politik yang mendaftarkan bacalegnya.

Dua partai itu adalah Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pantauan PANTURA7.com di Kantor KPU Kota Pasuruan, Partai NasDem menjadi partai pertama yang mendaftar. Tampak hadir Ketua DPD Partai Nasdem Kota Pasuruan, Mochammad Hasjim Asjari bersama pengurus dan kader sekitar pukul 10.57 WIB.

Partai yang dinakhodai Surya Paloh menyerahkan dokumen fisik model B pengajuan dan B daftar calon.

Kemudian disusul oleh PDI Perjuangan yang turut dihadiri oleh Ketua DPC-nya, dr Mufti Anam bersama pengurus dan kader serta simpatisan dengan diiringi musik drum band.

Ketua DPD Partai NasDem, Hasjim Asjari mengatakan, NasDem mendaftarkan 30 bacaleg dari empat daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kota Pasuruan.

“17 bacaleg laki-laki dan 14 bacaleg perempuan,” kata Hasjim kepada wartawan.

Hasjim menyebut, keterwakilan perempuan di masing-masing dapil di atas 30 persen atau sudah melebihi kuota sebagaimana yang disyaratkan dalam UU Pemilu.

“Artinya disini NasDem memberikan ruang kepada perempuan, sehingga kedepan, wakil wakil perempuan di DPRD Kota Pasuruan bisa terpenuhi. Karena di pemilu 2019, perempuan hanya satu dari 30 anggota dewan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai PDIP Kota Pasuruan, dr Mufti Anam menyebut, ada beberapa tokoh masyarakat bergabung dalam daftar calon anggota DPRD Kota Pasuruan dari PDI Perjuangan.

Beberapa diantara calon anggota DPRD Kota Pasuruan dari PDI Perjuangan adalah pengusaha lokal, pelaku UMKM, dan bahkan ada atlet basket nasional turut bergabung.

“Saya berharap ada peningkatan 100 persen dari total kursi kita saat ini,” kata Mufti berharap.

Baca Juga  Lapas Baru Kota Pasuruan Bakal Dilengkapi Pesantren dan Rumah Sakit

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Royce Diana Sari mengatakan, bahwa sesuai dengan list jadwal pendaftaran, hari ini ada dua partai yang mendaftar.

“Tetapi kita tetap menunggu sampai pukul 16.00 WIB. Sementata dari total 18 parpol, hari ini baru dua partai yang mendaftar,” kata Royce.

Menurut Royce, dokumen pendaftaran bacaleg selanjutnya akan diverifikasi terkait kelengkapannya.

“Mereka ini kan bawa dua Form, form pengajuan dan form daftar list bacaleg ini yang diverikasi oleh tim. Nanti jika ada kekurangan atau ada yang tidak benar, bisa melalui masa perbaikan,” jelasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Susul Habib Hadi, Tiga Politisi Ambil Formulir Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota via Nasdem

Probolinggo,- Setelah Habib Hadi Zainal Abidin melalui PKB Kota Probolinggo mengambil formulir pendaftaran calon walikota …