Partai Nasdem tiba di Kantor KPU dan PDIP memberikan keterangan Pers terkait pengembalian berkas oleh KPU

Dua Partai di Kab. Probolinggo Mulai Daftarkan BCAD ke KPU

Probolinggo – Setelah hari ke-11, akhirnya ada partai politik (parpol) yang mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan(BCAD)-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo. Dua parpol yakni, Partai Nasdem dan PDI-Perjuangan mendatangani KPU untuk mendaftarkan BCAD-nya, Kamis (11/5/2023).

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Probolinggo resmi mendaftarkan BCAD)-nya. Partai dengan nomor urut 5 itu tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat tepat pukul 11.00 WIB.

Namun, ketika jurnalis PANTURA7.com hendak masuk ke kantor KPU, terjadi insiden pencegatan oleh pihak sekuriti sehingga tertahan di depan kantor sekuriti. Pihak sekuriti tidak memeprkenankan awak media masuk dengan alasan tidak diperkenankan pimpinan.

“Tidak boleh masuk, termasuk wartawan tidak boleh masuk kata pimpinan,” kata sekuriti KPU setempat, Kamis siang.

Ia pun beralasan, untuk masuk ke dalam kantor KPU, sejumlah awak media harus berkumpul terlebih dahulu. Setelah berkumpul baru bisa masuk.

Di tengah perdebatan ini, awak media lainnya lainnya mulai berdatangan. Perdebatan pun semakin menjadi, sampai akhirnya ada pegawai KPU yang berlari untuk melerai perdebatan dan memperkenankan awak media untuk masuk.

Atas hal ini, KPU pun menyampaikan permintaan maafnya. Ia menyebut, ini merupakan miskomunikasi. Ia pun mempersilakan awak media untuk meliput keguatan pendaftaran BCAD Parpol secara terbuka.

“Semua teman-teman wartawan boleh masuk jika ada ID card. Tidak ada ketertutupan, kami minta maaf atas ketidaknyamanannya,” kata Komisioner KPU setempat, Aliwafa saat konferensi pers, Kamis sore.

Pada pendaftaran BCAD ini, DPD Partai Nasdem mendaftarkan 50 kadernya untuk mengisi pemilihan di tujuh dapil yang ada. Dari semua BCAD yang didaftaran, KPU berhasil memverifikasinya secara keseluruhan.

“Alhamdulillah dinyatakan lengkap dan terverifikasi. Kami menargetkan Nasdem kembali menjadi pemenang dengan target kursi sebanyak 19 kursi,” kata ketua DPD Partai Nasdem setempat, Ahmad Rifa’i.

Baca Juga  Eks Wali Kota Probolinggo, Rukmini, Ambil Formulir Pendaftaran di PPP dan PKB

Sementara itu, PDI-P tiba di kantor KPU setempat sekitar pukul 14.41 WIB. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P langsung menyerahkan berkas BCAD-nya. Proses verifikasi kemudian dilakukan oleh KPU sampai sekitar pukul 16.36 WIB.

“Berkas dari kami masih ada yang perlu disempurnakan, insya Allah secepatnya kami akan kembali lagi ke sini (kantor, Red.) KPU,” kata Sektlretaris DPC PDIP, Didik Irfan ketika memberikan keterangan pers.

Sementara itu, Komisioner KPU, Aliwafa mengatakan, hingga saat ini baru ada dua parpol yang mendaftarkan BCAD nya. Pertama Partai Nadem dan berkas-berkasnya dinyatakan lengkap. Yang kedua, PDIP, namun masih memerlukna perbaikan berkas.

“Untuk Nasdem sudah lengkap. Yang PDIP, kami kembalikan dulu untuk dilakukan perbaikan,” katanya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Akhirnya, Bawaslu Kota Probolinggo Segera Miliki Kantor Tetap

Probolinggo,- Sampai saat ini Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo belum memiliki kantor tetap. Namun, …