TPS 03 Kedopok, Ada Pemilih Diberi Surat Pilpres Ganda

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pelaksanaan pemilu di Kota Probolinggo masih diwarnai persoalan. Akibat kurang teliti, pemilih di Kelurahan Kedopok, Kecamatan Kedopok diberi surat suara Pilpres ganda,

Kejadian itu tepatnya terjadi pada Rabu (17/4/2019) sekira pukul 09.00 dimana Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melaksanakan tugas biasanya saat pemungutan suara berlangsung.

Salah seorang warga yang belum diketahui identitasnya diberi  dua surat suara Pilpres. Namun saat hendak dicoblos, surat suara tersebut diketahui oleh KPPS sehingga dikembalikan salah satunya.

“Iya mungkin tidak sengaja tadi pemilih yang saya lupa namanya dapat dua surat suara untuk Pilpres. Tapi itu masih belum dicoblos dan diketahui lebih dulu sehingga langsung dikembalikan satu surat suara,” kata Ketua KPPS, Ahmad Hardianto.

Informasi tersebut sempat mencuat ke media sosial (medsos) Twitter oleh akun bernama ‘Nina Noichil’ bahwa surat suara ganda telah tercoblos dan KPPS menghentikan proses pemungutan suara untuk membongkar kotak suara . Namun hal ini dibantah KPPS.

“Tidak benar telah dicoblos. Jadi diketahui dulu sebelum dicoblos sehingga langsung dikembalikan,” tandasnya.

Hal ini dibenarkan Ketua Panwascam Kedopok, Rohim. Dikatakan kejadian itu sudah diatasi oleh Pengawas TPS dan memang bebum dicoblos.

Di TPS 03 Kelurahan Kedopok ini, terdapat 243 DPT dimana 4 di antaranya daftar pemilih khusus(DPK). Sedangkan total surat suara ada sebanyak 244 suara.

Sementara itu pemungutan suara molor hampir dua jam terjadi di TPS 06 Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran. Pemicunya, kunci kotak suara yang dibawa Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan tertukar dengan kunci di TPS 09.

Alhasil pemungutan suara mestinya mulai pukul 07.00 menjadi dimulai pukul 08.21. Padahal kejadian serupa yakni kunci tertukar pernah terjadi pada Pilwali 2018 kemarin.  (*)

Baca Juga  Inisiator Pesantren Politik di Probolinggo itu Tutup Usia

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …