Saat Siswa SD Jadi KPPS di Desa Randutatah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Berbagai cara dilakukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk menarik perhatian para pemilih mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Salah satunya TPS 03 di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Di TPS ini, selain dihiasi dengan bermacam motif batik, seluruh KPPS mengenakan pakaian ala siswa Sekolah Dasar (SD), yakni atasan putih dan bawahan merah. Tentu saja, TPS yang melibatkan ‘Siswa SD’  ini menyita perhatian warga sekitar.

Keunikan ini menurut, Ketua KPPS TPS 03, Aulia Fitri Faradesa, untuk mendongkrak partisipasi pemilih. Selain itu, ada lomba dari Panitia Pengawas Kecamatan (PPK), yang akan memberikan hadiah bagi TPS terbaik dan ter-unik di Kecamatan Paiton.

“Selain menarik perhatian warga untuk datang ke TPS, ini juga kan dilombakan. Bagi TPS dan KPPS yang berpenampilan unik, akan mendapatkan hadiah,” kata perempuan yang biasa dipanggil Aulia ini.

TPS 3 yang dijaga oleh KPPS ala-ala ‘Anak SD’. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Sementara untuk target partisipasi pemilih, menurut Aulia, TPS 03 menargetkan 80%  pemilih di kawasan tersebut berpartisipasi dalam pemilihan. “Insyaallah akan sesuai target, karena mulai dibukanya pencoblosan, sudah banyak warga berdatangan,” terangnya.

Sementara menurut Djunaidi (29) salah satu warga yanh menggunakan hak pilihnya di TPS 03. TPS ala siswa SD ini baru pertama kali ada di Desanya. Hal inilah yang aku Djunaidi, membuat warga penasaran untuk pergi ke TPS.

“Mulai dulu tidak ada yang seperti ini, kalau waktunya pencoblosan, ya hanya ada TPS dan panitia saja, tidak ada variasi atau pemandangan yang unik yang bisa dilihat,” ujar Djunaidi seusai mencoblos.

Sekedar informasi, di Desa Randutatah terdapat 1.335 daftar pemilih tetap (DPT) dengan 6 TPS. Rinciannya, TPS 1 dengan 220 pemilih, TPS 2 dengan 203 pemiliih, TPS 3 dengan 211 pemilih, TPS 4 dengan 201 pemiliih, TPS 5 dengan 150 pemilih dan TPS 6 dengan 155 pemilih. (*)

Baca Juga  Harga Cabai Meroket, Pemilik Warung Lalapan 'Soyo'

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Susul Habib Hadi, Tiga Politisi Ambil Formulir Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota via Nasdem

Probolinggo,- Setelah Habib Hadi Zainal Abidin melalui PKB Kota Probolinggo mengambil formulir pendaftaran calon walikota …