SIAGA: Petugas berjaga-jaga di Pos Pantau Pasar Baru Lumajang. (foto: Asmadi)

Empat Posko Mudik yang Perlu Diketahui Pemudik Jika Melintasi Lumajang, Mana Saja?

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang bersama kepolisian setempat mendirikan 4 posko guna memantau arus mudik lebaran tahun 2023. Proses pemantauan arus mudik pun dilakukan sejak beberapa hari terakhir.

Empat pos mudik didirikan di jalan raya Desa Wates Wetan Kecamatan Ranuyoso; Terminal Minak Koncar, Kecamatan Kedungjajang; Pasar Baru Kecamatan Lumajang, dan di Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan, arus lalu lintas di titik rawan kemacetan sejauh ini masih lancar. Apabila volume kendaraan mulai menumpuk, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

“Saya berharap adanya pos-pos yang disediakan dapat mengantisipasi resiko kemacetan dan perjalanan mudik masyarakat yang melalui wilayah Kabupaten Lumajang dapat lancar dan aman,” kata Cak Thoriq, saat dikonfirmasi, Jumat (21/4/2023).

Thoriq mengimbau masyarakat untuk selalu menaati peraturan lalu lintas yang diterapkan selama lebaran. Ia berharap dengan menaati aturan lalu lintas, masyarakat dapat aman dan selamat sampai tujuan.

Selain itu, lanjut Thoriq, bagi para pemudik yang kebetulan melintas di wilayah Kabupaten Lumajang, agar memanfaatkan empat pos yang telah disediakan sebagai tempat beristirahat.

“Empat pos yang kami sediakan bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat. Jadi, untuk masyarakat dari luar kota Lumajang bisa berhenti beristirahat di pos yang telah kami sediakan,” ucapnya.

Kapolres Lumajang, AKBP Boy Jackson Situmorang menyampaikan, berdasarkan hasil pantauan statistik kuantitas kendaraan masuk selama 4 hari, terdapat 2 titik terbanyak yakni Pos Wates Wetan, Kecamatan Ranuyoso dan Pos Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro.

Jackson menjelaskan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk mengurangi penumpukan kendaraan pada titik rawan kemacetan.

“Kami telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif berupa rekayasa lalu lintas, pengalihan jalur, placing pada beberapa traffic light dan pemasangan barier pada beberapa titik pemotongan jalan,” ujarnya.

Baca Juga  Tiga Bocah Tenggelam saat Mandi di Kali Asem Lumajang, Satu Tewas 

Saat ini, kata Jackson, pihaknya terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, termasuk Pemkab Lumajang dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran.

“Kami akan terus menginformasikan perkembangan lalu lintas kepada masyarakat melalui media sosial,” pungkas dia. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …