Perpustakaan Buka Senin, Rabu, dan Jumat

MAYANGAN-PANTURA7.com, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Probolinggo di Jalan Trunojoyo, Kota Probolinggo dibuka kembali setelah sekian bulan “istirahat” karena pandemi Covid-19. Perpusda di sebelah timur alun-alun Kota Probolinggo itu mulai dibuka kembali, Kamis (2/7/2020) pagi.

Perpusda kembali setelah Kota Probolinggo menyongsong masa penormalan baru (new normal). “Hal itu merujuk Surat Edaran Walikota tentang Pelaksanaan New Normal Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif dan layanan Perpusda dapat kembali beroperasi,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip, Teguh Bagus Sujawanto.

Sehari sebelum dibuka, perpustakaan itu berbenah. Beberapa petugas memasang dan menempelkan stiker silang di perpusda. Juga, ada yang sibuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menjalani new normal, baik untuk pegawai atau pun pengunjung.

“Ya, perpus menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah pengunjung. Dengan konsep new normal nantinya perpus hanya akan menerima 30 pemustaka per hari,”imbuh Teguh.

Dalam masa transisi, jam buka perpus juga belum sama dengan sebelumnya. Kini, perpus buka mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB pada Senin, Rabu dan Jumat. Perpus tutup Sabtu dan Minggu

Selain itu, pengunjung wajib menaati protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjalani pemeriksaan suhu badan, hingga disemprot disinfektan di depan gedung.

Pengunjung juga wajib mengenakan masker wajah dan selalu menjaga jarak atau social distancing.

Salah satu pengunjung, Rachma (17) mengatakan, senang dengan dibukanya kembali perpustakaan k di jantung kota itu. “Alhamdulillah, untuk menghilangkan kejenuhan, kami datang ke perpustakaan sambil baca baca buku,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  ‘Markas’ Anak Punk di Kolong Jembatan Kraksaan Dirazia

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …