Bulan Depan, Wisata Bromo Kembali Dibuka

SUKAPURA-PANTURA7.com, Wisata Gunung Bromo bakal segera dibuka. Dibukanya destinadi wisata alam ini setelah Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bersepakat dengan 4 kepala daerah penyangga.

Dalam rapat koordinasi TNBTS dengan empat kepala daerah penyangga, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang via zoom pada Rabu (1/7/2020), disepakati wisata Bromo akan dibuka pada Agustus 2020.

“Sampai akhir bulan ini masih persiapan lapangan dulu. Yang jelas (pembukaan kembali) di Agustus. Tanggal berapa tergantung kapan keluarnya rekomendasi dari Bupati,” terang Kepala TNBTS, John Kenedie, Kamis (2/7/2020).

Rekomendasi kepala daerah diperlukan, karena menurut John, proses penutupan wisata Bromo awalnya atas rekomendasi dari 4 kepala daerah terkait.

“Karena saya tutup atas rekomendasi dari Bupati, jadi manti saya akan buka dengan rekomendasi dari Bupati,” lugas dia.

Saat ini, lanjutnya, TNBTS sedang mempersiapkan fasilitas penunjang untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Kami akan tegas menerapkan protokol kesehatan di wilayah wisata itu,” tegasnya.

Nantinya, imbuh John, seluruh wisatawan akan diminta mengenakan masker dan menjaga jarak 1,5 meter, memakai masker dan harus cuci tangan. “Kita siapkan di sana nanti,” John menambahkan.

Selain penerapan protokol kesehatan, dikatakan John, jumlah pengunjung akan dibatasi saat wisata Bromo dibuka kembali. Wisatawan yang diizinkan sebanyak 20 persen dari total daya tampung per hari.

“Sehingga, maksimal wisatawan yang diizinkan berkunjung di Kawasan Gunung Bromo sebanyak 739 orang. Pembelian tiket, semuanya via online,” urai John.

Rincian pembatasan wisatawan Bromo meliputi area penanjakan sebanyak 178 orang dari total kapasitas 892 orang, Bukit Cinta sebanyak 28 orang dari total kapasitas 141 orang, dan Bukit Kedaluh sebanyak 86 orang dari total kapasitas 434 orang.

Baca Juga  Lantik 249 Kades, Plt Bupati: Jangan Bedakan Antar Pendukung

Selanjutnya, kawasan Savana Teletubbies sebanyak 347 orang dari total kapasitas 1.735 orang, dan Bukit Mentigen sebanyak 100 orang dari total kapasitas 500 orang. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …