Pengusaha Bus Keluhkan Penumpang Sepi

MAYANGAN-PANTURA7.com, Pengusaha bus di Probolinggo mengeluhkan sepinya penumpang di masa pandemi Covid-19. Bahkan menyosong adaptasi kebiasaan baru atau new normal, jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) juga sepi.

Walaupun bus AKAP tetap boleh beroperasi dengan trayek dan jumlah armada yang terbatas, penumpang yang berminat untuk menggunakannya tetap saja kurang.

“Akhirnya tidak ada bus yang mau masuk ke terminal baik Surabaya maupun lainnya karena tidak ada penumpangnya,” kata Pemilik PT Akas Sejahtera, Zendy Hardianto, Kamis (2/7/2020).

Penumpang yang datang ke terminal juga sedikit. Selain itu ada juga pemeriksaan dari petugas, penumpang harus mengikuti rapid test untuk mendeteksi Covid-19. Harapannya jika diterapkan the new normal, kendaraan angkutan penumpang bisa diberlakukan seperti biasa.

“Harapannya bisa diberlakukan normal saja dengan pembatasan kapasitas penumpang. Selain itu, surat sehat dari dokter atau klinik sudah cukup sebagai syarat bepergian jika dibutuhkan, tidak perlu rapid test,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Subyanto, HRD PT Akas Sejahtera. Ia berharap, agar peraturan dikembalikan seperti awal berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Bus beroperasi sesuai dengan Surat Edaran 4 Gugus Tugas, namun di terminal disiapkan tim kesehatan, seperti yang ada di bandara,” ujar Subyanto.

Dikatakan dengan dimudahkan syarat bepergian namun tetap menaati protokol kesehatan serta membatasi jumlah penumpang diharapkan bisa membuat bus AKAP bisa kembali beroperasi. “Karena sudah hampir empat bulan, perusahaan otobus (PO) terus mengalami pengurangan pendapatan, bahkan hingga nol persen,” katanya.

Salah seorang pengemudi, Agus berharap, menjelang new normal penumpang sudah banyak. Tidak usah lagi penumpang diminta membawa surat keterangan telah rapid test. “Namun kita tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.(*)

Baca Juga  Antisipasi Bencana, Dibentuk Posko Tanggap Darurat Bencana


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …