HOAKS; Pesan berantai yang beredar di grup WhatsApp (WA) di Kota Pasuruan. 

Hoaks! Video Percobaan Penculikan Anak di Kota Pasuruan 

Pasuruan,- Sebuah video rekaman CCTV dengan narasi percobaan penculikan anak terjadi di Perum Pesona Candi 6, Kelurahan Krampayangan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, beredar masif.

Namun kabar tersebut dipastikan kabar bohong (hoaks), karena perempuan dalam video tersebut merupakan ketua RT di wilayah setempat.

“Di dalam video itu adalah saya dan saya bukan penculiknya,” kata Lilis, Ketua RT/02 RW/10, Perum Pesona Candi 6, Rabu (1/2/2023).

Diejalaskan Lilis, pada Selasa (31/8/2023), memang ada perempuan dari panti asuhan yang meminta-minta sumbangan di lingkungannya.

Karena perumahan melarang peminta sumbangan masuk sembarangan, Lilis menyuruh perempuan tersebut masuk pos satpam.

Lalu perempuan tersebut diminta menunjukkan identitasnya. Namun, karena takut perempuan tersebut kemudian berjalan pergi keluar. Setelah itu Lilis melaporkannya ke Babinkamtibmas.

“Dia cuma minta maaf aja terus pergi. Saya melaporkan ke Babhinkamtibmas untuk kewaspadaan,” jelas Lilis.

Mendapat laporan dari Lilis, petugas Binmas Polsek Bugul mendatangi rumah Lilis. Polisi meminta keterangan dan bukti rekaman CCTV.

Namun, pada hari yang sama, video berisi gambar Lilis dengan narasi penculikan tersebar di grup WhatsApp (WA). “Suami saya marah video itu tersebar, dibilangnya mau nyulik anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Yuli Sumarni, perempuan peminta sumbangan, mengklarifikasi bahwa dirinya tidak ada niatan untuk menculik. Menurutnya, dia hanya ditugaskan dari yayasan Roudotul Shibyan untuk meminta sumbangan.

“Saya tidak tahu kalau harus lapor RT. Saya minta maaf, saya cuma mau nyari sumbangan,” ujarnya. (*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Partai NasDem dan PDI Perjuangan Awali Pendaftaran Bacaleg di Kota Pasuruan

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …