GENDING-PANTURA7.com, Kebakaran lahan terjadi di Bukit Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Kamis (2/7/2020). Tidak ada korban jiwa dalam musibah di lahan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) tersebut.

Informasi yang diperoleh, kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 12.00 WIB. Asap dan debu ilalang yang terbakar mengganggu pengguna jalan di jalur Pantura Probolinggo – Situbondo.

Kapolsek Gending, AKP Ohim mengatakan, mulanya pihak kepolisian mendapatkan laporan adanya kebakaran di bukit Bentar dari warga. Petugas lantas mendatangi lokasi kejadian untuk memastikan informasi tersebut.

“Ternyata benar ada kebakaran lahan, bahkan debu dan asapnya sampai ke jalan raya dan mengganggu para pengguna jalan,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, lahan yang terbakar mayoritas ilalang dengan luas sekitar 1 hektare. di bukit tersebut yang terbakar. Petugas dibantu warga, lalu mencoba memadamkan api meski dengan alat seadanya.

“Kami sudah menghubungi petugas damkar dan koordinasi dengan perhutani maupun pemilik lahan, agar api segera dipadamkan,” jelas dia.

Pihaknya menduga, lahan gambut tersebut sengaja dibakar oleh orang tak dikenal. “Kemungkinannya sengaja dibakar,” duga Kapolsek.

Kebakaran lahan di Bukit Bentar, tidak hanya kali ini saja terjadi. Bahkan, hampir setiap tahun hutan di kawasan Bukit Bentar terbakar, terutama saat musim kemarau. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Dilindas Truk, Anggota Polsek Sukapura Meregang Nyawa